Susah Tidur? Konsumsilah 5 Makanan Ini untuk Membantu Tidur Kamu Lebih Nyenyak

Sebagian orang seringkali mengalami masalah sulit tidur atau tidurnya tidak nyenyak. Padahal, tidur sangat diperlukan oleh semua orang untuk menghilangkan rasa lelah.

Setelah rasa lelahnya hilang, seseorang bisa bekerja kembali dengan baik dan bisa konsentrasi. Namun, jika seseorang mengalami sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur, maka rasa lelahnya tidak akan hilang. Justru orang tersebut semakin stress.

Apalagi jika ditambah dengan berbagai pekerjaan yang menumpuk bisa membuat orang tersebut tidak bisa konsentrasi dan bisa saja sakit.

Oleh karena itu, orang yang mengalami hal demikian seringkali berusaha agar bisa tidur dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi obat tidur, mengganti tempat tidur dan bantal yang bermanfaat untuk kenyamanan tidur, dan sebagainya.

Mungkin, hal tersebut bisa membantu, tapi pada umumnya tidak bisa bertahan lama. Maka perlu solusi yang lebih tepat. Mungkin, beberapa makanan ini bisa membantu kamu yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

Karena makanan-makanan berikut ini mengandung zat yang bisa membantu kenyamanan seseorang dalam tidur.

Kacang Almond

medicaldice.com

Satu lagi makanan dari jenis kacang-kacangan yang bisa membuat tidur kamu semakin nyenyak dan berkualitas, yaitu kacang almond.

Zat yang terkandung dalam kacang almond, sehingga bisa membuat tidur semakin nyaman dan berkualitas adalah magnesium. Karena memang zat ini dibutuhkan tubuh untuk bisa membuat tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan magnesium atau kadar magnesium di dalam tubuhnya rendah, maka ia akan mengalami kesulitan tidur.

So, mungkin penyebab kamu susah tidur adalah kadar magnesium di dalam tubuh kamu rendah.

Kacang Walnut

panduanhidupsehat.com

Makanan pertama yang bisa membantu kamu agar bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas adalah kacang walnut. Jenis kacang ini dipercaya memiliki kandungan yang bisa membuat tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Kandungan tersebut adalah tryptophan. Tryptophan merupakan salah satu jenis asam amino yang bisa membuat tidur seseorang semakin nyenyak.

Karena kandungan tryptophan bisa membantu produksi hormon serotonin dan melatonin bekerja dengan baik. Hormon serotonin dan melatonin ini memang berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang.

Selada

yogya.litbang.pertanian.go.id

Makanan selanjutnya yang bisa membuat tidur kamu semakin nyenyak dan berkualitas adalah selada. Karena terdapat kandungan pada selada yang bisa membuat tidur semakin nyenyak. Kandungan tersebut adalah lactucarium.

Kandungan ini pada dasarnya memberikan efek menenangkan dan mempengaruhi otak seperti apa yang dilakukan oleh zat opium.

Nah, bagi kamu menyukai selada, tidak ada salahnya untuk mencoba makan sayuran yang satu ini untuk membuat tidur kamu nyenyak. Sebaiknya, konsumsi selada pada saat makan malam agar kamu bisa semakin cepat tidur dan tidur kamu itu berkualitas.

Susu

ngmilk.rocks

Pada dasarnya, makanan yang bisa membantu tidur semakin nyenyak adalah susu. Namun, berbagai olahan susu, seperti keju, yoghurt, dan sebagainya juga bisa membantu kamu dalam persoalan kesulitan tidur.

Karena kandungan kalsium pada susu beserta olahannya tersebut membantu otak menggunakan trytophan untuk memproduksi hormon melatonin. Hal inilah yang menyebabkan tidur bisa nyenyak setelah mengonsumsi susu atau olahannya.

Ikan Tuna

www.bornfreefishing.com

Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi melatonin dan serotonin adalah vitamin B6. Sudah diketahui bahwa kandungan vitamin B6 ini bisa ditemukan dalam makanan ikan tuna dan salmon.

Oleh karena itu, jika kamu kesulitan tidur, kamu bisa mengonsumsi makanan tersebut.

Tinggalkan komentar