9 Kreasi Kardus Bekas yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Sering kita menumpuk kardus-kardus bekas, karena merasa sayang jika dibuang, namun bingung akan dipakai untuk apa. Sebenarnya begitu banyak ide kreatif untuk memanfaatkan kardus bekas. Dengan kreasi kardus bekas, kita dapat menghemat pengeluaran belanja dan ada rasa kepuasan dalam diri setelah berhasil menyelesaikannya. Berikut ini beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi dalam berkreasi dengan kardus bekas.

 

Tablet Stand dari Kardus Bekas

www.mobgenic.com
www.mobgenic.com

Alessandro Garliandini merancang sebuah stand iPad untuk Comieco, perusahaan daur ulang kertas asal Italia. Peralatan yang digunakan cukup sederhana, ditambah dengan kreatifitas membuat desain, maka kamu dapat membuat stand dari kardus bekas ini. Banyak sekali manfaat dari berkreasi membuat stand dari kardus bekas ini. Selain untuk menyalurkan hobi dan bakat, juga bisa menghemat biaya karena tidak perlu lagi membeli stand untuk tablet.

iPhone Desk Stand dari Kardus Bekas

www.mobgenic.com
www.mobgenic.com

Kamu mungkin mudah saja menemukan iPhone stand di tempat penjualan aksesoris, namun tentunya harga yang ditawarkan cukup mahal. Nah, untuk menghemat uang saku, kamu bisa membuatnya dari kardus bekas. Kamu cukup menyediakan kardus bekas iPhone atau bisa juga kardus bekas lainnya.

Rumah Mainan Kucing dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Buat kamu yang memelihara kucing, buatlah rumah mainan untuk kucing kamu dari kardus bekas. Rumah mainan ini hanya membutuhkan 3 kotak kardus bekas dan langkah-langkah pembuatannya pun mudah. Desain rumah mainan kucing ini dirancang oleh Martha Stewart.

Makedo Giant Wind Ball

www.instructables.com
www.instructables.com

Bola raksasa yang berputar mengikuti arah angin ini terinspirasi dari desain Guru Makedo Satoshi Tanaka. Makedo merupakan mainan anak-anak yang dibuat menggunakan card board (kardus katon). Desain-desain yang dirancang Satoshi Tanaka terkenal dengan keindahannya, menarik secara visual dan simple. Untuk membuat bola raksasa ini, kamu harus menyediakan beberapa puluh kardus berkas. Dari kardus bekas tersebut, buatlah 30 persegi dengan ukuran 30cm x 30cm. Buatlah lubang di setiap sudut persegi tersebut. Jika sudah, pertama kamu gabungkan setiap ujung dari 5 bagian persegi. Kemudian dilanjutkan hingga membentuk bola.

Kandang Burung dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Biasanya kandang burung terbuat dari kayu dan bambu. Namun buat kamu yang menginginkan sesuatu yang berbeda, kamu dapat membuatnya dari kardus bekas. Kandang burung ini dirancang oleh Jesse Harrington dengan menggunakan software CAD 123D.

Lampu Belajar dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Karya lainnya dari Jesse Herrington yaitu lampu belajar unik yang terbuat dari kardus bekas ini. Teknik yang digunakan pun sama, yaitu menggunakan software CAD 123D.

Laptop Stand dari Kardus Bekas

www.mobgenic.com
www.mobgenic.com

Kertas kardus, walaupun bekas tetap memiliki keunggulan mudah dibentuk dan ketahanan yang dimilikinya cukup kuat. Kita dapat merancang laptop stand dari kardus bekas dengan membuat pola-pola seperti gambar.

Rak dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Kardus bekas yang disimpan malah membuat ruang di rumah kita menjadi berkurang. Untuk itu diperlukan sedikit kreatifitas agar kardus bekas tersebut bisa lebih berguna. Ya, kita dapat membuat rak dari kardus bekas. Pembuatannya cukup sederhana. Kamu cukup mengikuti pola seperti gambar.

Celengan dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Kardus bekas yang ditambahkan sedikit aksen warna dan dengan sentuhan yang sedikit kreatif, ternyata terlihat lebih menarik dan memiliki nilai fungsi. Cukup dengan peralatan sederhana, kamu dapat menciptakan celengan yang unik. Untuk cara pembuatannya, cukup membuat pola seperti gambar. Lalu kamu bisa menempelkan setiap bagiannya dengan lem atau dengan tali pita. Untuk membuat celengan ini kamu harus mempersiapkan kardus yang berukuran 30 x 21 cm, 1,2 meter kabel, 20 cm pita elastis atau karet gelang.

Tinggalkan komentar