Hal-Hal yang Menjadi Hikmah di Balik Terjadinya Krisis Berlin

Krisis Berlin merupakan salah satu krisis internasional yang terjadi pertama kali di dunia. Krisis tersebut terjadi pada perang dingin dan juga merupakan krisis pertama yang memakan banyak korban. Krisis tersebut terjadi pada tahun 1948-1949.

Pada krisis tersebut, semua jalur air, jalan darat dan rel yang menuju ke Berlin diputus oleh Uni Soviet. Alasan diberlakukannya hal tersebut adalah karena Uni Soviet tidak setuju dengan diberlakukannya reformasi ekonomi dan ditetapkannya Deutsche Mark sebagai pemimpin baru di Jerman Barat oleh Sekutu Barat.

Selain alasan tersebut, krisis Berlin terjadi juga karena dilandasi keinginan Uni Soviet untuk mempunyai kekuasaan penuh atas seluruh wilayah Berlin.

archive.kaskus.co.id
archive.kaskus.co.id

Untuk mengatasi hal tersebut, sekutu barat yang terdiri dari Amerika Serikat, Britania Raya, dan Prancis menggunakan para angkatan udara mereka untuk membawa sembako bagi para penduduk Berlin Barat yang mana memerlukan kurang lebih 4000 ton makanan setiap harinya.

Operasi yang berlangsung lebih dari setahun tersebut, berhasil memasok sekitar 13 juta ton sembako dengan 200 ribu penerbangan ke Berlin. Selain itu, operasi tersebut juga mengangkut barang yang lebih banyak bila dibandingkan dengan yang dibawa lewat jalur lainnya menuju ke kota Berlin.

Keberhasilan operasi lewat udara ini secara tidak langsung telah mempermalukan Uni Soviet yang mana telah berkali-kali menyatakan bahwa operasi tersebut tidak akan pernah berhasil. Operasi udara tersebut juga berhasil memberikan warisan berupa bandar-bandar udara di Berlin yang bisa digunakan sampai 50 tahun ke depan.

Itulah beberapa hal di balik kejadian krisis Berlin yang terjadi pada waktu perang dingin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar