Rangkuman Kronologi Perang Dunia 1 Beserta Akhir Proses Peperangan

KRONOLOGI PERANG DUNIA 1 – Perang Dunia I berjalan mulai 28 Juli 1914 dan berakhir di th. 11 November 1918. Selama 4 tahun, 3 bulan, dan 2 minggu, perang sudah menghancurkan banyak aspek mulai berasal dari infrastruktur, ekonomi, dan geopolitik. Banyak negara yang kelanjutannya pecah atau bahkan runtuh hingga tak eksis kembali hingga sekarang.

Perang Dunia I atau The Great War berjalan sangat alot. Banyaknya negara yang terlibat dan banyaknya keperluan yang nampak atau pun tersembunyi menyebabkan kehancuran tak sanggup dihindarkan. Berikut kronologi Perang Dunia I yang sudah merenggut jutaan nyawa tak berdosa.

Kronologi Perang Dunia 1 Awal Perseteruan (1914)

kronologi perang sunia 1

Kesalah pahaman Kekuatan Sentral antara Jerman dan Austria-Hungaria menyebabkan situasi mendadak memanas. Jerman awalnya sebetulnya berjanji bakal menolong Austria-Hungaria untuk jalankan misi invasi ke Serbia.

Namun di sementara yang sama Jerman wajib hadapi Rusia yang mulai jalankan aksi-aksi penyerangan. Akibat hal ini tentara Austria-Hungaria terpecah menjadi dua untuk hadapi Rusia dan pasukan Serbia.

Penyerangan tentara Austria-Hungaria menyebabkan kawasan Serbia memanas, Sehingga mengakibatkan perangsemakin memanas dan berkelanjutan dimenangkan Serbia dan menyebabkan kekecewaan besar bagi Astro-Hungaria. Kekuatan yang kecil, terbagi, dan tak tersedia pertolongan berasal dari Jerman menyebabkan negara ini kalah dengan telak.

Saat konflik Serbia dan Austria-Hungaria meledak, Jerman sedang gencar menghimpit Belgia dan Prancis agar tunduk kepadanya. Peperangan sengit pun berjalan dan menyebabkan Eropa yang tenang menjadi lautan perang.

Menyaksikan sekutunya Prancis digempur, Inggris tak tinggal diam. Negara itu mengirim pasukan berasal dari India yang merupakan negara koloni untuk ikut berhimpun ke Eropa.

Tentara Kerajaan Ottoman berhimpun dengan Kekuatan Sentral untuk hadapi serangan berasal dari Rusia. Sementara itu, tentara berasal dari India yang didatangkan ke Eropa termasuk dihadang agar tidak menyebabkan kebolehan sekutu jadi meningkat tajam.

Berakhirnya Perang Dunia 1 (1918)

Perang kelanjutannya berakhir setelah Kekuatan Sentral yang didalangi Jerman, Asutro-Hunagria dan Kerajaan Ottoman ambruk. Sekutu memenangkan peperangan dengan telak meski ke dua kebolehan sama-sama mengalami kekalahan yang sangat besar.

Akibat Perang Dunia I ini revolusi besar-besar berjalan di banyak sekali negara. Situasi geopolitik dan ekonomi sangat kacau. Kemiskinan dan inflasi menyebabkan banyak negara nyaris ambruk meski di sisi lain perang termasuk memunculkan sisi teknologi dan mendorong terbentuknya lembaga perdamaian seperti Liga Bangsa Bangsa.(*)

Tinggalkan komentar