12 Kucing Liar, Cantik, dan Langka Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Melihat gambar kucing liar yang mengagumkan ini, kamu mungkin jadi ingin memilikinya. Kucing-kucing ini tergolong makhluk langka. Sebab jumlahnya sangat terbatas di dunia ini. Berikut 12 jenis kucing cantik, liar, dan langka yang tersebar di berbagai negara ini.

Kucing Lynx Kanada

500px.com
500px.com

Sesuai namanya, kucing ini banyak terdapat di Kanada dan negara di Amerika Utara. Kucing lynk Kanada (Lynx canadensis) ini punya ciri pada warna bulu yang cokelat keperakan, serta pada bagian telinga terdapat rumbai.

Kali pertama melihatnya kamu mungkin nggak akan menyangka kalau hewan ini adalah kucing. Sebab ukurannya bahkan lebih gede dari kucing hutan.

Kucing Pasir

boredpanda.com
boredpanda.com

Makhluk ini diberi nama kucing pasir (Felis margarita) karena kegemarannya tinggal di padang pasir. Dulu banyak ditemukan di padang pasir di Afrika Utara dan Afrika barat. Tapi karena bentuknya yang cantik, populasinya pun kian terancam karena banyak diburu manusia.

Ukuran kucing pasir termasuk kecil, dengan kaki yang pendek. Yang menarik dari kucing ini adalah warna bulu yang pucat kuning-pasir. Uniknya lagi pada kucing ini terdapat rambut panjang yang tumbuh di sela jari kaki.

Kucing Pallas atau Manul

boredpanda.com
boredpanda.com

Memang kucing liar ini juga sering disebut dengan manul. Kucing ini banyak terdapat di Asia Tengah. Habitatnya adalah di padang rumput. Secara ukuran, kucing pallas (Otocolobus manul) ini seperti umumnya kucing di sekitar kita, dengan panjang tubuh sekitar 46-65 cm dan panjang ekor 21-31 cm, dan berat 2,5-4,5 kilogram.

Bentuknya yang lucu dengan warna bulu kekuningan menjadikannya sebagai kucing yang gagah. Banyak orang memburunya sehingga populasinya kian terancam.

Kucing Kaki Hitam

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Kucing ini (Felis nigripes) banyak terdapat di Afrika. Bentuknya mungil dan tergolong hewan langka. Kakinya yang hitam adalah ciri utama kucing ini. Bulu berwarna cokelat-hitam dengan motif bintik-bintik memang membuat kucing ini jadi cantik dilihat. Bagian tubuh kucing yang juga indah adalah pada bagian mata yang berukuran besar.

Kucing Karacal

flickr.com
flickr.com

Caracal atau jika di-Indonesia-kan menjadi Karakal (Caracal caracal) adalah kucing yang punya ciri telinga yang berwarna hitam berumbai. Sedang untuk warna bulu di tubuh bervariasi, dari abu-abu sampai merah anggur. Ukuran kucing ini sedang dan banyak terdapat di Asia Selatan, Asia Barat, dan Afrika.

Kucing Macan Dahan

500px.com
500px.com

Saat pertama kali melihatnya mungkin kamu bakal menyangkanya sebagai macan. Memang diamati dari bulunya yang mirip leopard menjadikannya lebih layak sebagai macan. Tapi ukurannya yang lebih kecil dibanding macan betulan, dengan warna abu-abu dan warna gelap ala macan tutul itu, membuat kucing macan dahan (Neofelis nebulosa) ini jadi kucing yang cantik.

Kucing Pampa

flickr.com
flickr.com

Kucing ini (Leopardus pajero) banyak tinggal di negara-negara Amerika Selatan, seperti Chili, Bolivia, Argentina, Peru dan Ekuador. Habitat kucing di padang rumput dan semak-semak. Ukuran kucing Pampa relatif kecil, dengan panjang tubuh sekitar 46-75 cm. Kucing ini tergolong langka dan populasinya kian terancam. Ciri kucing pampa adalah bulu berwarna coklat kemerahan yang indah.

Kucing Jaguarundi

flickr.com
flickr.com

Kucing liar yang cantik ini asalnya dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Jaguarundi (Puma yagouaroundi) sepintas mungkin mirip berang-berang atau musang. Karena kaki yang pendek namun tubuhnya yang panjang. Ciri kucing ini adalah bulu yang tidak berbintik dengan warna yang rata. Warna kucing ini ada yang hitam dan coklat-abu-abu. Pada bagian telinga bentuknya pendek dan bulat.

Kucing Kuwuk

flickr.com
flickr.com

Ini kucing yang berasal dari Asia Selatan dan Timur. Kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis) ini tergolong langka karena habitatnya yang terancam. Ciri kucing ini adalah pada warna bulunya yang mirip dengan macan tutul tapi dengan ukuran kepala yang kecil.

Kucing Bakau

imeimage.com
imeimage.com

Kucing liar ini banyak terdapat di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bentuk tubuh berukuran sedang dan kini populasinya terancam karena habitatnya yang rusak. Kucing bakau (Prionailurus viverrinus) ini biasa hidup di rawa-rawa bakau muapun di sepanjang sungai. Kemampuannya berenang membuatnya juga kadang disebut kucing perenang.

Kucing Serval

felid-tag.org
felid-tag.org

Kucing liar ini berasal dari Afrika. Kucing serval (Leptailurus serval) punya ukuran sedang, sekitar 59-92 cm. Meski hewan ini kecil, tapi tergolong kuat. Ciri lainnya adalah pada bagian kaki yang panjang namun pada ekor pendek. Bahkan boleh dibilang kucing serval ini adalah kucing dengan kaki yang paling panjang.

Kucing Merah

wikipedia.org
wikipedia.org

Kucing liar ini asalnya dari Kalimantan. Kucing merah (Catopuma badia) ini punya ciri ekor yang panjang dengan warna bulu cokelat terang. Bentuk kepala kucing ini pendek dan bulat, dengan bentuk telinga juga bulat. Ekornya yang begitu panjang itu memang menjadikan kucing liar ini terlihat menawan. Tapi kini populasinya tak banyak. Di tahun 2007, jumlah kucing ini diprediksi kurang dari 2.500 ekor.

Wah, keren-keren kan kucing liar di atas? Ya memang keren, tapi akan lebih keren lagi kalau kita bisa ikut melestarikannya. Cara simpelnya dengan tidak merusak habitat atau memburu kucing-kucing ini biar nantinya populasinya terus lestari sampai anak-cucu kita nanti.

Tinggalkan komentar