Yuk, Ketahui Fakta dan Informasi tentang Kuda Nil

Kuda nil yang mempunyai nama latin Hippopotamus amphibiu adalah sebuah mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar dan berasal dari Afrika Sub-Sahara. Kuda nil merupakan hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai fakta dan informasi tentang kuda nil. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Keadaan Fisik Kuda Nil

lobalvillageextra.com
lobalvillageextra.com

Kuda nil mempunyai tubuh yang besar dan berat dan memiliki kulit kelabu gelap. Mereka juga mempunyai gading besar yang biasa digunakan untuk mempertahankan diri dari para pemangsa. Kuda nil mempunyai ciri khas tubuh yang besar, empat kaki yang pendek dan gemuk, mulut dan gigi
yang sangat besar dan juga badan yang hampir tidak memiliki rambut atau bulu.

Kuda nil dewasa mempunyai berat 1.5-3 ton. Walaupun bertubuh besar serta berkaki pendek, kuda nil dapat berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka bisa berlari dengan kecepatan 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya. Kuda nil mempunyai watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di kawasan Afrika.

Adapun kerabat kuda nil yang paling dekat adalah kelompok Cetacea. Contohnya seperti lumba- lumba, paus dan pesut. Selain itu, kuda nil juga berkerabat dengan hewan-hewan berkuku genap seperti babi dan masih banyak yang lainnya.

Habitat Kuda Nil

wikimedia.org
wikimedia.org

Kuda nil tersebar di Afrika Sub-Sahara. Kebanyakan tinggal di dekat dan dalam air tawar, seperti sungai dan danau. Jumlah kuda nil yang terdapat di Afrika sekitar 125 ribu sampai 150 ribu. Adapun yang terbanyak berada di Tanzania dan Zambia. Selain itu, kuda nil juga sering terdapat di kebun binatang.

Di zaman sekarang habitat kuda nil makin terancam karena sering terjadinya perburuan liar. Oleh karena itu, kita semua perlu menjaganya agar hewan langka yang satu ini tidak pundah.

Kehidupan Kuda Nil

youtube.com
youtube.com.

Kuda nil merupakan tipe hewan herbivora. Pada siang hari, kuda nil berada di dalam lumpur atau air untuk membuatnya merasa dingin. Di dalam air, kuda nil hidup secara berkelompok dan menguasai wilayah atau area tertentu. Kebanyakan aktivitas kuda nil sering dilakukan di dalam air seperti tidur, bereproduksi bahkan sampai melahirkan. Pada waktu petang dan malam hari, kuda nil keluar dari air untuk mencari makan. Ketika di darat, kuda nil tidak hidup secara berkelompok dan tidak mempunyai wilayah teritorial.

Makanan Kuda Nil

explore-amazing-world.blogspot.com
explore-amazing-world.blogspot.com
eritadaerah.co.ideritadaerah.co.id
eritadaerah.co.ideritadaerah.co.id

Kuda nil memakan berbagai macam vegetasi yang tumbuh di wilayah Sub-Sahara Afrika. Kebanyakan mereka memakan rumput, namun mereka juga dikenal sering memakan daun, buah-buahan, kacang-kacangan dan masih banyak yang lainnya. Kuda nil mampu menghabiskan 50 kg vegetasi hanya dalam sekali makan. Selain itu, kuda nil termasuk ke dalam hewan semi-akuatik, maksudnya adalah kuda nil juga memakan alang-alang serta tanaman air yang ditemukan di habitat alaminya. Walaupun jarang, kuda nil juga ternyata makan hewan kecil dan bangkai hewan.

Untuk proses makannya sendiri, kuda nil hanya keluar dari air pada malam hari untuk mencari makanan. Hewan ini menghabiskan waktu untuk mencari makan empat sampai lima jam setiap malamnya dan bisa pergi 1,5 sampai 3 km dari badan air. Walaupun memilih tinggal dekat atau dalam air, jika diperlukan kuda nil dapat pergi hingga 10 km dari badan air untuk mencari makanan.

Kuda nil lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermalas-malasan di dalam air atau berjemur di tepi sungai di bawah teriknya matahari sepanjang hari. Perlu kamu ketahui, hewan ini mempunyai kemampuan yang sangat menakjubkan karena mampu menahan napas dan menyelam dalam waktu yang cukup lama.

Demikian penjelasan mengenai fakta dan informasi tentang kuda nil. Kamu juga bisa membaca artikel yang lainnya tentang fakta elang jawa dan fakta harimau supaya bisa menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat ya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar