Aneka Kudapan Lezat yang di Sulap dari Buah Pisang

Pisang adalah buah asli Indonesia yang dapat dengan harga murah meriah. Buah berbentuk bulat panjang dan berwarna kuning ini aman dikonsumsi semua usia. Bahkan anak bawah tiga tahun dapat mengkonsumsinya sebagai makanan pendamping ASI.

Namun bagi ayah dan anak-anak pasti bosan jika mengkonsumsi buah pisang terlalu sering. Padahal buah ini harus dibeli dengan jumlah yang cukup banyak. Gunakan kreativitas bunda untuk menyulap buah pisang ini menjadi aneka kudapan lezat.

1

Pisang Goreng Cokelat Keju

www.khaizu72bz.blogspot.com

Cokelat adalah makanan manis yang disukai hampir semua anak-anak. Bunda bisa memadukan manisnya cokelat dan gurihnya keju untuk membuat pisang goreng cokelat keju.

Sediakan Pisang Kepok yang dibelah memanjang. Usahakan saat membelah jangan sampai putus. Lengkapi dengan bahan pembuat pisang goreng seperti tepung terigu 200 gram, gula pasir 2 sendok makan, vanili ½ sendok teh, baking powder ½ sendok teh, dan air secukupnya.

Campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili, baking powder, dan air hingga tercampur merata. Kemudian masukan buah pisang ke dalam adonan kulit pisang goreng tersebut.

Gorenglah pada minyak goreng sampai matang. Jangan lupa untuk membaliknya agar tidak gosong pada satu sisi saja. Sajikan di atas piring saji dengan rapi. Tambahkan parutan keju, meses coklat, dan susu kental manis.

Pisang goreng cokelat keju siap menemani quality time bersama keluarga saat masih hangat.

2

Pisang Bakar Keju

www.titalittlekitchen.blogspot.com

Cara mengolah pisang yang paling favorit adalah menggorengnya. Namun kamu bisa mencoba sensasi lain dengan membakar pisang. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok matang.

Sediakan juga bahan-bahan lain seperti 1 sendok makan margarin, 5 sendok makan meses coklat, 3 sendok makan susu kental manis, keju parut secukupnya, es krim secukupnya, serta 1 sendok teh bubuk kayu manis.

Kepaslah pisang kemudian belah menjadi 2 bagian. Siapkan wajan anti lengket diatas kompor dengan api kecil saja. Berikan margarin diatas penggorengan. Masaklah pisang yang sudah dibelah di atas penggorengan.

Bolak-balik sampai pisang matang. Kemudian angkat dan pindahkan ke dalam piring lain. Taburi dengan bubuk kayu manis. Kembalikan pada penggorengan sebentar saja agar bubuk kayu manis meresap ke dalam pisang.

Sajikan di atas piring saji. Bagian topping tambahkan susu kental manis, parutan keju, meses coklat, dan es krim.

3

Pisang Kukus Karamel Keju

www.catatandapurnyavero.blogspot.com

Olahan pisang yang ketiga di masak dengan di kukus. Kali ini jenis pisang yang digunakan adalah pisang ambon. Sediakan 4 buah pisang Ambon yang telah dilumatkan.

Sediakan juga tepung terigu 100 gram, santan kental 20 sendok makan dari ½ buah kelapa, gula pasir 50 gram, bubuk kayu manis 1 sendok teh, pasta pandan 1 sendok teh, keju parut 75 gram, serta karamel yang berasal dari 5 sendok teh gula pasir yang dipanaskan.

Cara memasak pisang kukus karamel keju yang pertama adalah dengan mencampurkan pisang, terigu, santan kental, gula pasir, dan bubuk kayu manis. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai benar-benar merata.

Masukan ke dalam cetakan kue. Pada bagian atas berikan parutan keju dan karamel. Kukus bahan-bahan tersebut sampai matang. Pisang kukus karamel keju siap disajikan untuk keluarga.

4

Cake Pisang Keju

www.dapurchantik.wordpress.com

Siapkan bahan-bahan seperti 150 gram margarin, 200 gram gula bubuk, 5 kuning telur, 3 Pisang Ambon matang yang dihaluskan, 50 ml susu, 100 gram keju cheddar parut, 250 gram tepung terigu, 1 sendok teh baking powder, ¼ sendok teh baking soda, ¼ sendok teh vanili bubuk, 3 butir putih telur, dan garam secukupnya.

Siapkan wadah besar untuk mencampurkan margarin dan gula bubuk. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil diaduk menggunakan mixer berkecepatan sedang.

Masukan pisang yang telah dilumatkan. Kocok hingga semua adonan benar-benar tercampur. Tambahkan keju parut dan susu. Aduk kembali semua adonan sampai tercampur rata.

Tambahkan lagi dengan tepung, garam, baking powder, dan baking soda. Aduk semua bahan sampai rata.

Sementara itu pada mangkuk lain yang lebih kecil, campurkan putih telur dan vanili sampai berbusa. Masukan ke dalam adonan cake pisang. Aduk sampai merata.

Tuang ke dalam baki roti yang telah dilapisi dengan kertas roti. Panggang ke dalam oven sampai setengah matang. Berikan keju parut sebagai topping. Kemudian panggang lagi sampai matang.

Dinginkan selama beberapa saat. Cake pisang keju siap disajikan.

Tinggalkan komentar