Kumpulan Foto Banjir Akibat Meluapnya Anak Sungai Amazon di Brazil

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di dunia. Saking besarnya, sungai Amazon mampu mengalirkan 55 juta galon air per detiknya ke Samudera Atlantik. Sungai yang terletak di Amerika Selatan ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil.

Sungai Amazon memiliki banyak sekali anak sungai. Jumlahnya mencapai ratusan anak sungai. Salah satu anak sungai Amazon bernama Rio Solimoes. Nah, awal Juni 2015 kemarin sungai Rio Solimoes meluap karena hujan besar sehingga menyebabkan banjir. Yang menjadi korban adalah masyarakat yang ada di wilayah Anama, Amazonas, Brazil.

Bagaimana suasanya di Anama, Brazil, karena bencana banjir tersebut? Mari kita lihat melalui foto-foto berikut.

 

Melanda Perumahan Warga

banjir mengenai rumah penduduk
Bruno Kelly/Reuters

Meluapnya sungai Rio Solimoes menyebabkan rumah-rumah warga tergenang air. Dari foto kita bisa melihat air yang mengenai rumah-rumah warga cukup tinggi. Banjir seperti ini tentu akan mengganggu sistem sanitasi masyarakat.

Air Memenuhi Ruas-ruas Jalan

terkena banjir sungai amazon
Bruno Kelly/Reuters

Luapan air sungai memenuhi ruas-ruas jalan di Anama, Brazil. Genangan ini mengganggu transportasi masyarakat. Alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan perahu.

Menggunakan Perahu Kayu

naik perahu saat banjir
Bruno Kelly/Reuters

Terlihat dua orang anak kecil sedang menaiki perahu. Perahu menjadi satu-satunya pilihan untuk kemana-mana. Terlihat juga tinggi genangan air hingga mencapai setengah tinggi rumah-rumah warga.

Di Atas Rumah

di atas rumah
Bruno Kelly/Reuters

Seorang warga sedang memperhatikan banjir dari atas rumahnya.

Transportasi Tidak Maksimal

banjir amazon brazil
Bruno Kelly/Reuters

Banjir menyebabkan sistem transportasi warga terganggu dan tidak berjalan maksimal. Oleh karenanya warga memanfaatkan perahu untuk berbagai keperluan.

Gereja Juga Tergenang

di depan gereja
Bruno Kelly/Reuters

Sebuah gereja di Anama juga ikut tergenang oleh luapan sungai Rio Solimoes.

Tetap Olahraga Dong

main bola saat banjir
Bruno Kelly/Reuters

Walaupun banjir, masyarakat tetap berolahraga. Ini patut dicontoh oleh masyarakat lain. 🙂

Rumah Sakit Ikut Tergenang

masuk sekolah
Bruno Kelly/Reuters

Seorang warga sedang berjalan di dalam lorong rumah sakit yang tergenang banjir. Kondisi ini tentu menyebabkan penanganan kesehatan masyarakat tidak maksimal.

Hotel Ikut Kebanjiran

mengenai hotel
Bruno Kelly/Reuters

Salah satu hotel di Anama, hotel Pinheiro, juga ikut merasakan bencana banjir ini. Banjir menyebabkan bisnis perhotelan dan bisnis lainnya terganggu.

Anak-anak Anama Sih Nyantai

menikmati banjir
Bruno Kelly/Reuters

Yah namanya anak-anak, mereka mana paham yang namanya banjir itu bencana. Yang penting bisa mandi-mandi menikmati air, hehe.

Sapi-sapi Malang

sapi banjir amazon
Bruno Kelly/Reuters

Sapi-sapi ini harus bersabar dengan datangnya banjir. Begitu juga dengan hewan-hewan yang lain.

Itu tadi beberapa foto yang menggambarkan kondisi di Anama setelah banjir melanda daerah tersebut. Mudah-mudahan air segera surut sehingga kehidupan warga berjalan kembali dengan normal.

Tinggalkan komentar