5 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Kurang Percaya Diri

Setiap orang memiliki suatu hal yang bisa membuat ia malu. Rasa malu yang dimiliki seseorang berbeda dengan orang lain. Misalnya saja si A malu dengan keadaan ekonominya.

Namun, si B belum tentu malu dengan keadaan ekonominya meskipun si A dan si B keadaan ekonominya tidak jauh berbeda. Ada juga hal-hal tertentu yang bisa membuat malu dan orang lain juga demikian.

Artinya, hal-hal tertentu yang membuat malu itu dirasakan oleh sebagian besar orang. Padahal hal tersebut bukan merupakan hal yang serius. Apa saja hal yang umumnya bisa membuat malu orang? Berikut ini uraiannya.

Malu dengan Kondisi Fisik

jualanvco.com

Rasa percaya diri akan timbul jika merasa puas dan bersyukur atas apa yang Allah beri. Namun, ada hal-hal tertentu yang membuat rasa percaya diri itu hilang.

Artinya, seseorang bisa merasa malu dan tidak percaya diri pada suatu hal dan hal tersebut berhubungan dengan kondisi fisik. Mungkin, kondisi fisik yang didapat karena lahir atau kejadian besar yang menyebabkan perubahan fisik itu wajar untuk malu.

Hal tersebut membutuhkan waktu untuk bisa percaya diri lagi. Namun, ada hal-hal kecil yang membuat seseorang malu dan tidak percaya diri mengenai kondisi fisiknya. Misalnya saja wajahnya dipenuhi dengan jerawat.

Jangankan penuh, bahkan satu saja jerawat yang ada di pipi bisa membuat kurang percaya diri. Apakah kamu termasuk orang seperti itu?

Kantong Tipis

www.migreat.it

Entah kenapa hal ini bisa membuat malu orang? Padahal yang mengetahui apakah banyak uang atau tidak adalah diri sendiri. Asal tidak cerita ke orang lain, tidak ada yang tahu bahwa kantong sedang menipis.

Namun, hal tersebut ternyata menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Orang akan memiliki rasa percaya diri tinggi jika kantongnya tebal alias banyak duit.

Begitu juga sebaliknya, orang akan merasa tidak percaya diri atau minder jika kantongnya tipis alias tidak punya uang. Apakah kamu pernah merasakan hal seperti itu dalam kehidupan?

Gaya Pakaian

classic-classical.blogspot.com

Dunia fashion merupakan dunia yang selalu mengalami perubahan. Setiap saat ada saja model dan gaya berpakaian yang dikenakan oleh orang. Pakaian zaman 90-an sangat berbeda dengan pakaian zaman sekarang.

Bahkan, pakaian tahun lalu saja sudah berbeda dengan model pakaian pada tahun ini. Nah, kebanyakan orang, khususnya anak muda selalu update dengan gaya berpakaian yang sedang trend.

Namun, bagaimana dengan mereka yang tetap dengan gayanya dan tidak mengikuti perubahan dunia fashion? Sebagian akan diejek teman-temannya dan bisa saja dibuat malu. Dibilang noraklah, ndeso lah, ketinggalan zaman lah, dan masih banyak lagi.

Hal ini membuat kurang percaya diri dan merasa malu jika hal tersebut terjadi di tempat umum. Bagi kamu yang merasa dalam keadaan tersebut, sebaiknya cuekin saja orang yang mengejek gaya berpakaian kamu.

Tetaplah percaya diri dan mempertahankan gaya kamu saat ini. Namun, jika kamu mulai tidak tahan dengan kondisi demikian, sebaiknya kamu sedikit menyesuaikan dengan lingkungan sekitar kamu.

Nafsu Makan Berlebihan

ponpesukhuwwahislamiyyah.com

Dalam sebuah kelompok, orang yang memiliki perbedaan dalam hal tertentu dalam kelompoknya akan disoroti dan bisa saja menjadi bahan ejekan yang membuat malu. Misalnya saja jumlah makan yang sangat banyak.

Mungkin, orang pada normalnya hanya cukup satu piring untuk bisa merasa kenyang. Namun, ada orang tertentu yang tidak cukup dengan satu piring makanan. Ia membutuhkan lebih dari satu piring makanan.

Hal ini seringkali menjadi sorotan dan bahan bully-an dalam kelompok tersebut. Apalagi jika bully-annya dilakukan di depan umum, bisa saja membuat malu.

Kudet

ceritaperut.com

Nah, ini menjadi problem bagi mereka yang memang jarang sekali update info terbaru. Orang seperti ini biasanya seringkali menyendiri.

Ketika sedang berkumpul dengan teman-temannya, ia hanya bisa bengong tanpa memahami apa yang sedang diperbincangkan teman-temannya.

Hal ini bisa saja menjadi bencana bagi kamu jika teman-teman kamu tahu bahwa kamu tidak faham topik pembicaraan. Kamu bisa dibuat malu dengan keadaan dan situasi demikian.

Tinggalkan komentar