6 Lagu Daerah Batak yang Sarat Makna dan Nasehat

LAGU DAERAH BATAK – Indonesia memang merupakan salah satu negara yang paling kaya di belahan dunia. Wilayah Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menjadikan negara ini sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Selain itu di negara ini juga terdapat berbagai suku, ras agama dan tentu saja budaya. Indonesia merupakan negara dengan suku daerah paling banyak di dunia.

Beragam budaya, bahasa, adat istiadat serta tradisi leluhur menjadi sebuah kekayaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Ribuan budaya dan kearifkan lokal harus kita jaga dan lestarikan agar tidak hilang termakan zaman. Salah satu budaya yang sampai saat ini masih dijaga dengan baik adalah budaya Batak.

Suku Batak sebagian besar menempati wilayah Sumatra Utara dan memiliki beragam kebudayaan daerah yang menarik seperti Tari Tortor, Gong dan Saga-saga serta rumah adat.

Bagi kamu yang ingin mengenal budaya Batak, salah satu cara paling efektif dan mudah untuk memahami budaya terlebih bahasa suatu daerah adalah dengan mendengarkan lagu daerah tersebut. Berikut beberapa lagu-lagu batak yang paling inspirasional dan paling memotivasi disertai nilai-nilai budayanya.

 

Anakkon Hi, Do Hamoraon di Au

Lagu Masyarakat Batak
ytimg.com

Membahas lagu batak tidak lengkap bila tidak membahas lagu Anakkon Hi, Do Hamoraoan  di Au. Lagu ini mengajarkan tentang bagaimana merawat dan mendidik anak dengan benar.

Makna lagu Anakkon Hi, Do Hamoraoan  di Au menekankan bahwa pendidikan anak merupakan hal yang paling utama di atas segalanya. Tidak perlu beli baju baru, mainan atau perhiasan yang penting anak bisa sekolah setinggi-tingginya.

Kutipan lagu:

Hugogo pe mansari, arian nang bodari ndada pola marsak au disi, alai anakkonhi da ikkon do sikkola sikkap sian natolap gogoki. Nang so Tarithon au pe akka dongan ndada pola marsak au di si. Marsedan marberlian, marcincin nang margolang, nadada pola marsak au disi

(Aku kerja siang malam, tak masalah asalkan anakku bisa sekolah sekuat tenagaku. Walaupun aku tak bisa mengikuti gaya hidup teman-temanku, aku tidak masalah. Beli sedan, Koleksi berlian, Cincin atau Gelang,Tak masalah bagiku)

Lagu mungkin yang memberikan inspirasi pada masyarakat Batak yang sampai saat ini sangat mempedulikan pendidikan anak-anaknya.

Dang Turpukta Hamoraon

Lagu Batak Dang Turpukta Hamoraon
andunganakparjalang.blogspot.com

Lagu Dang Turpukta Hamoraon merupakan renungan agar kita selalu mawas diri dalam bersikap dan selalu berusaha serta bekerja keras untuk mengapai mimpi dan kesuksesan. Lagu yang ini bercerita tentang seorang ibu tunggal yang sudah tidak mampu lagi bekerja sehingga anaknya harus putus sekolah.

Kutipan lirik:

unang be sai marsak ho amang, molo tung gotap sikkola mi, aut naboi marsali au nian, taon tononku do humokkop ho

(Jangan lagi sedih anakku, karena harus putus sekolah, jika saja aku masih bisa bekerja, apapun akan kulakukan untukmu)

Anakku Naburju

Maruli Tampubolon Anak Ku Naburju
ytimg.com

Lagu Anakku Naburju bercerita tentang kisah sukses diperantauannya. Anak tersebut meraih kesuksesan setelah tekun dan ulet dalam menggapai cita-cita. Mungkin lagu inilah yang banyak menginsipirasi orang Batak. Kebanyakan masyarakat Batak memiliki prinsip tidak akan pulang ke kampung halaman jika belum sukses di perantauan.

Kutipan Lirik:

Dung Hupaborhat Ho, namarsikkola I tuluat nadao I amang, benget do ho amang, benget do ho manaon nahansit i. anggiat ma ture sude hamu pinoppar hi amang, marsiamin-aminan, marsitukkol-tukkolan, songon suhat dirobeani

(Setelah kuberangkatkan sekolah ke kota yang jauh, engkau bijak dan tekun belajar dan tahan hidup dengan ala kadarnya. Semoga kehidupan kalian semakin baik anakku, dan saling tolong-menolong dan mengasihi).

Boru Panggoaran

Lagu Batak Boru Panggoaran
ytimg.com

Lagu Boru Panggoran merupakan lagu yang sangat populer dan sarat dengan makna serta pesan moral. Dalam masyarakat Batak, keberadaan laki-laki itu sangat penting dalam perannya memimpin keluarga. Oleh karena itu terkadang bila ada keluarga yang tidak memiliki anak laki-laki dipandang sebelah mata.

Lagu Boru Panggoran bercerita tentang harapan orang tua pada putrinya agar selalu berusaha untuk meraih sukses walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi. Berikut cuplikan lirik lagunya.

Ho Do Borukku, tappuk ni ate-ateki. Tappuk ni pusu-pusuki. Burju-burju Ma Ho namarsikkola I, asa dapot ho nasinitta ni rohami”

(Engkaulah Putriku, belahan hatiku. Rajinlah dan tekunlah belajar agar Cita-citamu tercapai di kemudian hari)

Poda

ytimg.com
ytimg.com

Lagu Poda merupakan lagu yang sering dibawakan masyarakat Batak dalam acara-acara keberhasilan seseorang atau ketika ada yang baru berangkat di perantauan. Lagu ini bercerita tentang nasehat orang tua kepada anaknya agar selalu berbuat baik dan bisa menjaga diri.

Kutipan Liriknya:

Ai Damang Do sijujung Baringin,Di au Amangmon. Jala Ho Silehon Dalan Di angggi Ibotomi, Ipe Ingot maho amang, di akka Podakki, asa taruli ho di luat nadao I

(Kaulah anakku pembawa harapan untukku ayahmu, Kau jugalah yang membuka jalan sukses untuk adek-adekmu, Ingatlah nasehatku ini supaya hidupmu bahagia di perantauan)

Butet

hipwee.com
hipwee.com

Lagu yang terakhir ini merupakan lagu perjuangan yang beasal dari Sumatra Utara. Butet merupkan panggilan masyarakat Batak untuk anak perempuan. Lagu ini dinyanyikan oleh seorang ibu untuk anaknya, bertujuan untuk menghibur anaknya yang bersedih menunggu balasan surat dari ayahnya di medan perang.

Cuplikan lirik.

Butet dipangungsian do amangmu ale butet
Da margurilla da mardarurat ale butet
Da margurilla da mardarurat ale butet

I doge doge doge (hi) dai doge (hi) doge (hi) doge
I doge doge doge (hi) dai doge (hi) doge (hi) doge

Butet sotung ngol-ngolan rohamuna ale butet
Pai ma tona manang surat ale butet
Pai ma tona manang surat ale butet

Arti dalam bahasa Indonesia:

Butet…Ayah mu sedang berada di pengungsian,
Bergerilya dalam darurart oh..butet (2x)
Butet..Janganlah pernah jemu hatimu puteri ku..
Menanti kabar berita oh butet

2 pemikiran pada “6 Lagu Daerah Batak yang Sarat Makna dan Nasehat”

  1. Terima kasih atas infonya ya, bermanfaat sekali bagi saya, tapi, saya mau ngasih saran nih,itu lirik lagu nya lain kali dicantumkan ya, udah itu aja, terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar