Lagu Daerah Jambi dan Maknanya

LAGU DAERAH JAMBI – Jambi merupakan propinsi yang memiliki lokasi yang sangat strategis dan termasuk propinsi yang memiliki sumber daya alam yang melimpah di kawasan Pulau Sumatra. Oleh karena itu, Jambi memiliki daya tarik yang kuat bagi para perantau, baik perantau dari dalam maupun dari luar negeri.

Banyaknya perantau yang tinggal di Jambi tidak menjadikan budaya jambi sirna. Masih banyak budaya Jambi yang bisa kita jumpai. Salah satunya adalah lagu daerah Jambi. Hampir setiap daerah di Jambi memiliki lagu masing-masing.

Lagu-lagu Jambi memiliki ciri khas tersendiri, yaitu setiap liriknya nyaris menyerupai pantun. Apa saja lagu-lagu yang berasal dari Jambi? Berikut ulasannya.

 

Injit-injit Semut

rerdinando.wordpress.com
rerdinando.wordpress.com

Injit-injit semut merupakan lagu anak-anak yang berasal dari daerah Jambi. Lagu ini biasa dinyanyikan untuk mengiringi anak-anak bermain. Permainannya sangat sederhana, yaitu dengan mencubit punggung tangan temannya.

Jika temannya merasa sakit, maka tangannya naik keatas dan balik mencubit. Begitu seterusnya. Nah, bagi yang paling tahan dengan cubitan, dia akan memenangkan permainan.

Selendang Mayang

not-angka-lagu.blogspot.com
not-angka-lagu.blogspot.com

Salah satu lagu daerah Jambi ini memiliki makna tentang ketangkasan dalam menjalankan tugas. Jadi, seseorang dalam melakukan suatu tugas, seperti saat bekerja harus tangkas dan cekatan dalam bekerja.

Lagu putri muaro Jambi merupakan lagu daerah Jambi yang berasal dari kabupaten muaro Jambi, lagu ini diciptakan oleh Heri Yusdi dimana dalam lagu ini menceritakan tentang perjalanan seorang putri dari muaro Jambi, berikut adalah lirik lagu tersebut.

Timang Timang Anaku Sayang

budayaadatdaerah.blogspot.com
budayaadatdaerah.blogspot.com

Lagu Timang Timang Anaku Sayang ini sering digunakan oleh orangtua untuk menidurkan anaknya. Biasanya, sebelum tidur, lagu ini dinyanyikan oleh orangtua agar anaknya lekas tidur. Makna dari lagu ini juga cukup mendalam. Didalamnya terdapat sebuah doa orangtua untuk anaknya agar kelak hidupnya bahagia.

Dodoi Si Dodoi

indonesianfolksongs.wordpress.com
indonesianfolksongs.wordpress.com

Sama halnya dengan lagu timang timang anakku sayang yang biasanya dinyanyikan untuk pengantar tidur sang buah hati. Lagu dodoi si dodoi juga dinyanyikan orangtua untuk menidurkan anaknya. Namun, lagu ini tidak hanya untuk mengantarkan anaknya tidur, tapi juga sang ibu bercerita mengenai kegelisahannya. Berharap anaknya dapat mendengar dan mengerti.

Batanghari

budayaadatdaerah.blogspot.com
budayaadatdaerah.blogspot.com

Lagu batanghari ini cukup terkenal dan menjadi lagu andalan Jambi. Lagu ini juga menjadi salah satu ikon Jambi. Memalui lagu ini meyakinkan setiap orang bahwa Jambi merupakan negeri pantun. Karena dalam lirik lagu ini terdapat pantun yang sangat mengesankan.

Nelayan

azharvokasi.blogspot.com
azharvokasi.blogspot.com

Lagu daerah yang satu ini berjudul nelayan. Lagu nelayan berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Lagu nelayan ini menceritakan mengenai kehidupan seorang nelayan yang berjuang mencari ikan di laut.

Gadis Rimbo Bujang


Lagu berikutnya adalah gadis rimbo bujang. Lagu ini berasal dari Kabupaten Tebo, Jambi. Lagu yang berjudul gadis rimbo bujang merupakan lagu ciptaan dari Lukman Sa’i dan dinyanyikan oleh Saputra dan Nunung. Lagu gadis rimbo bujang ini menceritakan tentang seorang pemuda yang tertarik dengan seorang gadis cantik dari daerah Rimbo Bujang.

Cik Minah

youtube.com
youtube.com

Lagu dagang manupang (cik minah) merupakan lagu yang berasal dari Kabupaten Merangin, Jambi. Lagu ini pernah dinyanyikan oleh Aty Yusria dan M. Hazayen.

Ketimun Bungkuk

www.youtube.com
www.youtube.com

Lagu ini bisa dikatakan lagu sedih. Karena lagu yang berasal dari Jambi ini menceritakan mengenai nasib seseorang. Orang tersebut memiliki banyak sekali kekurangan dalam hidupnya. Tidak hanya kekurangan secara material, melainkan kekurangan lainnya. Menyedihkan, bukan?

Tinggalkan komentar