Beginilah Makna Lagu-lagu Daerah Sunda

LAGU DAERAH SUNDA – Salah satu yang terkenal dari Indonesia adalah seni kebudayaannya. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni budaya yang berbeda-beda. Salah satunya adalah lagu daerah.

Setiap daerah memiliki lagu daerahnya masing-masing. Tidak hanya satu lagu untuk satu daerah, melainkan banyak lagu daerah dalam satu daerah, termasuk lagu daerah sunda. Nah, bagi kamu yang berasal dari Sunda, mungkin kamu tahu judul serta makna lagu-lagu berikut ini.

 

Cing Cangkeling

Lagu Daerah Sunda - Cing Cangkeling
hilmanmuchsin.blogspot.com

Cing Cangkeling merupakan lagu dari Sunda, Jawa Barat. Menurut Fauz Noor, arti lagu ini adalah “Cing cangkeling, cing-cing eling” manusia semua. Manuk (burung) merupakan lambang hati. Mengapa melambangkan hati? Karena hati seperti burung yang bisa terbang kemana dia suka. Silahkan saja kau rasakan sendiri apakah hatimu seperti itu.

Hati tidak bisa dikekang oleh apapun dan siapapun. Sebagai contoh, misalkan kamu sedang di penjara. Secara kasat mata, kamu sedang di penjara, tapi apakah hati kamu di penjara? Tidak! Hati biasanya fokus dengan kondisi di rumah, ingat anak, istri, orang tua dan sebagainya.

Manuk cingkleung cineten, bermakna hati yang suka melirik-lirik di sekitarnya itu harus tenang. Jika hati sudah tenang, hati akan masuk ke kolong langit, Blos ka kolong, dan akan mendapatkan Bapa satar.

Satar artinya dunia. Satar merupakan bahasa Sunda kuno yang memiliki arti rendah. Dalam bahasa arab, dunia artinya rendah,adyan. Jika hati sudah tenang, maka akan mendapat dunia yang Bulendeung, yaitu penuh rahmat dan berkah Tuhan.

 

Manuk Dadali

Lagu Daerah Sunda - manuk dadali
harimawan.wordpress.com

Manuk dadali merupakan lagu dengan menggunakan bahasa Sunda. Lagu ini merupakan karangan dari Sambas Mangumdikarta. Manuk dadali sendiri memiliki arti burung garuda dimana burung garuda merupakan lambang bangsa Indonesia.

Lagu manuk dadali ini termasuk lagu nasionalisme. Karena menceritakan keperkasaan burung garuda. Hingga saat ini, lagu manuk dadali masih sangat populer di kalangan masyarakat Sunda. Bahkan, sampai sekarang masih sering diperdengarkan di radio RRI.

BACA JUGA: Makna Lagu-lagu Pop Sunda Beserta Videonya

Bubuy Bulan

Lagu Daerah Sunda - Bubuy Bulan
harimawan.wordpress.com

Lagu bubuy bulan juga termasuk lagu Sunda. Lagu ini merupakan karangan dari Benny Korda. Bagi kamu yang tidak mengerti bahasa Sunda, namun pernah mendengarkan lagu ini, mungkin kamu merasa sedih meskipun tidak faham artinya.

Ya, lagu ini memang menceritakan kesedihan seseorang yang ditinggal istrinya. Kesedihan itu semakin bertambah ketika melihat seseorang yang memiliki sorot mata yang sama dengan kekasih yang meninggalkannya.

Es Lilin

Lagu Daerah Sunda - Es Lilin
harimawan.wordpress.com

Es lilin ini termasuk lagu bahasa Sunda yang sangat terkenal. Banyak versi bahasa telah dibuat. Dengan muskinya yang sangat enak membuat lagu ini dibuat degan berbagai versi bahasa, terutama versi dalam bahasa Indonesia. Lagu ini juga pernah di pinjam oleh penyanyi wanita ternama asan negeri Jiran, yaitu Siti Nurhaliza dengan perubahan bahasa, bahasa Melayu.

Makna Lagu Panon Hideung

Lagu Daerah Sunda - Makna Lagu Panon Hideung
qizz234.blogspot.com

Lagu ini menceritakan mengenai seorang gadis yang cantik jelita dengan bola matanya yang hitam. Panon hideung memiliki makna mata yang cantik. Berarti panon jideung mereferensikan seorang gadis Sunda yang cantik jelita.

Peyeum Bandung

Lagu Daerah Sunda - Peyeum Bandung
www.youtube.com

lagu ini membahas mengenai makanan yang sangat terkenal di Bandung, yaitu peyeum. Saat kamu berkunjung ke Bandung, kamu dengan mudah untuk mendapatkan makanan ini. Karena ada tersedia dimana-mana, baik di desa maupun kota Bandung. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Selain itu, semua orang bisa menikmati makanan ini, baik anak kecil, remaja, dewasa maupun orangtua. Bagi kamu yang bukan orang Bandung atau Sunda, mungkin belum tahu apa itu peyeum. Peyeum adalah makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Jika di daerah lain, peyeum disebut dengan tape.

Tinggalkan komentar