6 Band Indonesia yang Sukses dengan Genre Lagu Melayu

LAGU MELAYU – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di Indonesia ini induk kebudayaannya berakar pada budaya melayu. Sehingga tidak dapat di pungkiri lagi jika dalam bermusik pun beberapa band Indonesia juga berkiblat pada lagu melayu.

Namun dari sekian banyak band bergenre lagu melayu, tidak semuanya bisa sukses di belantika musik Indonesia. Beberapa diantaranya hanya timbul lalu tenggelam entah kemana tidak nampak lagi. Tetapi jika menilik dari kesuksesan hingga bertahan sampai sekarang, maka 8 band berikut ini adalah contoh suksesnya.

Wali

Wali - Orang Bilang -
www.itunesku.com

Wali adalah sebuah band yang mengusung aliran melayu sejak awal mereka berdiri di tahun 2006 sampai sekarang. Wali yang digawangi oleh Apoy (gitar), Faank (vokal), Tomi (drum), Ovi (keyboard) ini sukses merajai ranah lagu melayu di Indonesia sejak meluncurkan album pertama bertajuk “Orang Bilang” (2008).

Meski Wali sempat kehilangan basisnya di awal karir, namun semua itu tidak menghambat kesuksesan mereka hingga saat ini. Wali sendiri telah menelurkan 6 album dan semuanya sukses di pasaran.

ST 12

cd-cover-st12_pangeran-cinta
patrol28.blogspot.com

Sama seperti Wali, ST 12 juga meruakan band yang mengusung aliran melayu sejak awal mereka menapaki pasar musik Indonesia. Mungkin yang sedikit beda adalah band yang berdiri tahun 2005 ini lebih kental dengan cengkoknya.

ST 12 didirikan oleh Pepeng (gitar), Charly (vokal) dan Pepep (drum) mulai mengeluarkan album pertama dengan single “Tunjuk Satu Bintang” dan sukses mengantar mereka di terima di pasar musik Indonesia.

Namun pada tahun 2012 grup ini harus rela mengakhiri masa kejayaannya karena perbedaan pendapat antar personilnya, ST 12 resmi kehilangan vokalis dan gitariis mereka yang mengundurkan diri.

Kangen Band

ib757449 (www.jukebox.fr)
www.jukebox.fr

Band beraliran melayu satu ini terbilang cukup fenomenal. band yang berdiri di Lampung tahun 2005 ini menggebrak pasar musik Indonesia dengan album pertama mereka di tahun 2007 yang bertajuk “Tentang Kau, Aku dan Dia”.

Selain itu personilnya yang terdiri dari Doddy (gitar), Andika (vokalis), Tama (drum), Lim (keyboard), Nory (Bass) dan Barry (gitar) ini awalnya adalah pedagang kaki lima yang kemudian membentuk band ini. Mereka di Lampung bahkan sudah jadi langganan jawara kompetisi band lokal di sana.

Hijau Daun

hijau-daun-bersama-terang
serbaklasik.blogspot.com

Band Hijau Daun juga merupakan salah satu band yang sukses menembus pasar musik Indonesia dengan aliran melayunya. Melalui single pertama yang bertajuk “Suara (Ku Berharap)” sangat melekat di hati penikmat musik Indonesia.

Grup musik yang digawangi oleh Dide (vokal), Array dan Arya (gitar), Deny (drum), dan Richan (bass) ini merilis album pertama berjudul “Ikuti Cahaya” yang amat sukses di pasaran, baik dari segi album maupun nada sela.

Band yang didirikan pada tahun 2001 ini bahkan mengusung melayu dengan sentuhan pop, britpop juga upbeat, itu juga merupakan nilai plus dari band ini.

Armada

Armada - Pergi Pagi Pulang Pagi Single(www.playdis.co)
www.playdis.co

Band beraliran melayu melankolik pop berdiri pada tahun 2007 dengan nama Kertas. Namun karena nama itu dinilai kurang menjual maka di tahun 2008 berganti nama menjadi Armada.

Band yang dimotori oleh Andith (drum), Rizal (vokal), Endra’ (bass), Mai (gitar) dan Radha (gitar) ini sukses di belantika musik Indonesia melalui lagu “Buka Hatimu”. Setelah itu mereka semakin sukses dengan album-album berikutnya sampai saat ini.

D’Bagindas

1400x1400sr
itunes.apple.com

Band yang satu ini beraliran nyaris sama dengan ST 12, melayu dengan cengkok kental khas melayu. D’Bagindas yang dimotori oleh Bian (vokal), Mike (keyboard), Dandy (gitar) dan Tile (gitar) ini menggebrak dengan single “C.I.N.T.A” yang sukses meledak di pasaran.

Bersama dengan kesuksesan itu album seterusnya juga mendapat penilaian yang baik dari para penkmat musik dalam negeri. Namun setelah kehilangan vokalisnya, grup band ini masih kesulitan untuk bersaing dengan band lainnya yang bergenre sama.

Tinggalkan komentar