Makna Lagu-lagu Pop Sunda Beserta Videonya

LAGU POP SUNDA – Apakah kamu pernah mendengar lagunya Doel Sumbang? Bagi kamu yang lahir tahun 80-an, tentu tahu lagu-lagu ciptaan Doel Sumbang. Kebanyakan liriknya menggunakan bahasa Sunda. jika dilihat dari gaya lagunya, lagu-lagu karangan Doel Sumbang termasuk dalam lagu pop, hanya saja menggunakan bahasa Sunda. Jadi, bisa dikatakan lagu-lagunya Doel Sumbang termasuk lagu pop Sunda. Begitulah!

Nah, ternyata lagu-lagu yang seperti lagunya Doel Sumbang sangat banyak. Bahasanya juga menggunakan bahasa Sunda. Yang menarik dari lagu-lagu pop Sunda adalah lirik-liriknya hampir semuanya menceritakan mengenai hubungan sepasang insan manusia (cinta). Entah itu sedang patah hati, LDR, dibuai dengan cinta dan sebagainya.

Penasarankan lagu-lagu pop Sunda apa saja yang menceritakan tentang cinta. Mari simak satu per satu beberapa lagu pop Sunda di bawah ini.

 

Duriat


 

Duriat merupakan bahasa Sunda. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti jodoh atau rasa cinta. Dilihat dari arti judulnya saja sudah jelas bahwa lagu ini bercerita tentang jodoh atau lebih tepatnya adalah tentang kesetiaan hubungan yang sudah terikat jodoh.

Bagi kamu yang sudah yakin banget dengan pasangannya dan ingin meresmikan hubungannya, lagu ini sangat direkomendasikan untuk didengarkan.

Jalir janji


 

Apakah kamu pernah putus dengan pacar, lalu balikan lagi? Jika kamu pernah mengalami keadaan seperti itu, berarti sama halnya dengan isi lagu jalir janji. Ya, lagu ini menceritakan tentang hubungan dua insan manusia yang perpisah karena suatu hal.

Lalu, di kemudian harinya mereka menjalin hubungan lagi. Si wanitanya ingin laki-lakinya nepatin janji dan tidak berubah lagi.

Anjeun


 

Pernahkah kamu sangat mencintai seseorang dan seakan-akan hanya dialah orang terbaik untuk kamu, padahal kenyataannya malah meninggalkan kamu? Nah, jika kamu termasuk orang yang demikian, kamu memiliki cerita yang sama dengan apa yang tertuang dalam lirik lagu ini.

lagu Anjeun menceritakan tentang seseorang yang sangat mencintai kekasihnya dan kekasihnya tersebut merupakan satu-satunya orang yang dicintai. Namun sayang, pada akhir lirik lagu ini menceritakan kisah yang tidak bahagia.

Jol


 

Apakah kamu tahu mengenai lagu Gaisha yang berjudul lumpuhkanlah ingatanku? Lagu ini menceritakan mengenai hal yang sama dengan lagu Gaisha yang berjudul lumpuhkanlah ingatanku.

Seseorang ingin sekali melupakan kenangan bersama si dia. Tidak ada lagi bayangan tentang dia. Memori yang dulu pernah dilalui rasanya ingin dikubur dalam-dalam. Namun, dia tetap selalu hadir di dalam kehidupannya. Selalu ingat tentang si dia. Disisi lain, orang ini harus memaafkan dia bersama dengan rasa sakit hatinya.

Bagi kamu yang pernah mengalami hal demikian, berarti lagu ini memiliki cerita yang sama persis dengan kisah cinta kamu. Ya, biasanya sih kalau menemukan lagu sedih dan memiliki lirik yang sama dengan pengalaman pribadi, bisa mengingatkan kembali kejadian tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah mendengarkan lagu seperti ini jika kamu tidak ingin ingat lagi tentang si dia.

Mawar Bodas


 

Apakah kamu menyukai seseorang dan ingin sekali mengungkapkannya? Mungkin, kisah kamu memiliki kesamaan dengan lagu ini. Lagu yang menceritakan mengenai perjalanan menuju tempat wanita yang dicintainya.

Mawar bodas disini diartikan dengan wanti yang paling cantik di desanya. Bisa dikatakan si dia adalah kembang desa. Lirik lagunya lebih terkesan sangat berharap wanita tersebut bisa menjadi pasangannya. Sayang, wanita yang dicintainya ternyata sudah memiliki pasangan. Ya, inti dari lagu ini sih patah hati gitu.

Kabogoh Jauh


 

Nah, lagu ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalin kasih jarak jauh. Bahasa gaulnya sih long distance relationship atau disingkat dengan LDR.

Namun, jangan khawatir. Meskipun kamu sedang LDR, namun saat ini sudah banyak alat komunikasi yang bisa kamu jadikan alat utuk bisa terus berhubungan dengan si dia. Begitulah kira-kira makna yang terkandung dalam lagu ini.

Tinggalkan komentar