Arti Lambang Asean dan Nama Negara-negara yang Bergabung

LAMBANG ASEAN – Tentunya kalian udah pernah lihat logo atau simbol ASEAN bukan, gambar itu kerap terlihat dibuku-buku pelajaran pada waktu mengulas kerjasama internasional ASEAN pada mata pelajaran geografi.

Namun apakah kalian tau makna sebetulnya dari simbol tersebut? Untuk lebih jelasnya ayo kita simak penjelasan berikut ini mengenai arti dari lambang ASEAN dan keterangannya.

Arti Lambang ASEAN

Lambang ASEAN
sukasosial.blogspot.com

 

Gambar diatas adalah lambang ASEAN yang kerap kita jumpai dibuku-buku apalagi media-media lainnya seperti internet, poster, koran, dan lain sebagainya.

Dari gambar itu terlihat 10 padi yang terikat yang melambangkan persatuan, kesatuan dan juga persahabatan dari ke-10 negara yang bergabung menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara di Asia Tenggara). Adapun warna yang terlukis pada lambang tersebut mempunyai arti dan makna tersendiri.

Warna biru mempunyai arti keamanan dan perdamaian, warna merah mengartikan keberanian dan dinamika, warna putih mempunyai arti kesucian, dan warna kuning mempunyai arti kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan lingkaran itu sendiri melambangkan persatuan antara negara dari anggota ASEAN.

Nama-nama Negara ASEAN Beserta Nama Ibukotanya

Lambang ASEAN
berbagaireviews.com

Ketahuilah bahwasanya pada awalnya ASEAN cuma terdiri dari 5 negara saja, 5negara itu adalah negara-negara penggagas ASEAN yang dibentu pada 8 Agustus 1967, negara-negara itu antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Namun saat ini jumlah dari anggota ASEAN bertambah menjadi 10 negara yang berwilayah didalam kawasan yang luasnya mencapai 6 juta kilometer persegi. Dan inilah daftar nama dari 10 negara ASEAN juga dengan nama ibukotanya:

  1. Indonesia, dengan ibukota Jakarta.
  2. Malaysia, dengan ibukota Kuala Lumpur.
  3. Thailand, dengan ibukota Bangkok.
  4. Singapura, dengan ibukota Singapura.
  5. Filipina, dengan ibukota Manila.
  6. Brunei Darussalam, dengan ibukota Bandar Seri Begawan.
  7. Vietnam, dengan ibukota Hanoi.
  8. Kamboja, dengan ibukota Phnom Phen.
  9. Laos, dengan ibukota Vientiane.
  10. Myanmar, dengan ibukota Naypyidaw.

Nah itulah keterangan singkat mengenai arti dari lambang ASEAN beserta penjelasannya secara lengkap, dalam tulisan ini juga tertuliskan nama-nama negara yang berada dikawasan Asia Tenggara juga dengan nama ibukotanya.

semoga artikel ini bisa menjadikan bertambahnya wawasan dan pengtahuan meliputi ASEAN kepada kalian semua, semoga penjelasan mengenai Lambang ASEAN ini bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan komentar