Mengerti Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah suatu catatan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan pada periode akuntansi yang dapat memperlihatkan kinerja suatu perusahaan. Ketika dalam proses pelaporan keuangan, laporan keuangan juga termasuk di dalamnya.

Adapun aspek-aspek yang meliputi laporan keuangan secara lengkap yang biasanya meliputi neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupalaopran arus kas atau laporan arus, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian dari laporan keuangan.

kaguralagoe.blogspot.com
kaguralagoe.blogspot.com

Ekuitas, kewajiban, dan aset merupakan unsur yang berkaitan dengan pengukuran posisi keuangan secara langsung. Sedangkan beban dan penghasilan merupakan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi.

Pelaporan keuangan dan laporan keuangan itu berbeda. Pelaporan keuangan yaitu aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan penyampaian informasi keuangan. Sedangkan dalam penyampaian informasi laporan keuangan hanyalah salah satu mediumnya.

Tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah menyediakan informasi menyangkut keuangan suatu perusahaan berupa kinerja, posisi keuangan, dan juga perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pemakainya.

www.sahamok.com
www.sahamok.com

Laporan keuangan yang memiliki tujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan bersama. Akan tetapi laporan keuangan juga tidak menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh si pemakai untuk kepentingan dalam mengambil keputusan ekonomi.

Tinggalkan komentar