4 Latar Belakang Asean Dibentuk

LATAR BELAKANG ASEAN – Berdirinya sebuah perkumpulan atau organisasi pasti ada sesuatu yang menyebabkannya, ada sesuatu yang mendasari dan memiliki tujuan tertentu, begitu pula dengan berdirinya organisasi negara-negara yang berada di Asia tenggara, Asean (Association of Southheast Asia Nations) atau dalam bahasa Indonesia disebut Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia tenggara.

Asean adalah sebuah organisasi yang dibentuk dengan sebuah dasar dan cita-cita yang diusung oleh para pendirinya. Hingga tahun 2017 ini, anggota Asean terdiri atas Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Filiphina, Brunai Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Berikut ini kami uraikan beberapa hal yang melatarbelakangi terbentuknya Asean berdasarkan Deklarasi Bangkok.

Persamaan Letak Geografis

Latar Belakang Asean
komite.id

Salah satu hal utama yang melatarbelakangi terbentuknya Asean adalah persamaan letak geografis oleh negara-negara yang bergabung di dalamnya, yakni semuanya berada di kawasan Asia Tenggara. Letaknya yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia adalah salah satu persamaan negara-negara anggotanya.

Adanya Kesamaan Budaya

Latar Belakang Asean
inspiratorfreak.com

Bukan hanya letak geografis yang sama, negara-negara anggota Asean juga memiliki kemiripan dalam hal budaya. Dunia mengakui bahwa negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara memiliki nilai-nilai budaya, pergaulan, bahasa dan berbagai tata kehidupan yang sama. Kesamaan ini diperkirakan karena kebudayaan di kawasan Asean adalah warisan dari satu kebudayaan yang sama, yakni Rumpun Melayu Austronesia.

Kepentingan yang Sama

Latar Belakang Asean
supplychainasia.org

Salah satu hal yang sangat penting yang menjadi latar belakang Asean dibentuk adalah kepentingan yang sama yang hendak dicapai oleh negara-negara yang berada di kawasan tersebut. Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara mempunyai tekad dan cita-cita  yang sama, yakni berkontribusi pada kemajuan sosial, pertumbuhan ekonomi kawasan, perkembangan budaya, serta berbagai aspek yang berkaitan dengan stabilitas politik dan keamanan di kawasan.

Adanya Persamaan Nasib

Latar Belakang Asean
visitasean50.com

Negara-negara yang kini menjadi anggota Asean adalah wilayah bekas jajahan kolonial (selain Thailand), misalnya Singapura dan Malaysia yang merupakan bekas jajahan Inggris, Filiphina yang merupakan bekas jajahan Spanyol, dan Indonesia yang merupakan bekas jajahan Belanda. Fakta sejarah tersebutlah yang menjadi latar belakang Asean dibentuk, yakni persamaan nasib, sepenanggungan dalam hal keamanan kawasan, serta kesetiakawanan bangsa-bangsa Asia Tenggara

Tinggalkan komentar