Melimpahnya Sumber Daya di Perairan Laut Arafuru

Laut Arafuru terletak di Provinsi Maluku bagian tenggara, berbatasan dengan pantai Irian Jaya sebelah barat daya. Di sekitar laut Arafuru terdapat pulau-pulau yang diantaranya terdapat pulau Aru, pulau Kai, dan pulau Tanimbar. Laut Arafuru memiliki kedalaman laut sekitar 150-200 meter, dan merupakan laut transgresi di dangkalan Sahul.

Laur Arafuru ini adalah perairan yang berada di antara Australia dan Papua, di Samudra Pasifik. Luas laut Arafuru ini mencapai 650.00 Km2 dan kedalaman maksimalnya dapat mencapai 3,68 Km.

Laut Arafuru ini dulunya merupakan medan tempur antara Indonesia dengan Belanda pada tanggal 15 Januari 1962. Pertempuran tersebut melibatkan dua kapal jenis Destroyer, pesawat jenis Neptune dan Frely menyerang RI Matjan Tutul (650). Dalam pertempuran di laut Arafuru tersebut merenggut pahlawan Indonesia yaitu Komodor Yos Sudarso yang terkenal dengan seruan “Kobarkan semangat pertempuran.”

www.patriotgaruda.com
www.patriotgaruda.com

Perairan laut Arafuru juga merupakan kawasan yang memiliki sumber daya ikan yang cukup potensional. Karena di perairan laut Arafuru terdapat banyak jenis ikan dan udang. Tak heran jika banyak perusahaan-perusahaan yang memiliki pangkalan di Sorong dan Ambon untuk menangkap ikan-ikan di perairan laut Arafuru.

Beragam jenis dan sumberdaya alam di perairan laut Arafuru sangat meilimpah. Berdasarkan hasil riset dan penelitian yang dilakukan oleh Balai Riset Perikanan Laut pada tahun 2006, telah berhasil menemukan setidaknya terdapat 228 spesies hewan laut yang berada di Perairan Laut Arafuru.

Tinggalkan komentar