Wisata dan Sumber Daya Alam di Laut Banda

Laut Banda terletak di wilayah kepulauan Indonesia. Laut Banda ini terpisah dari Samudra Pasifik yang memiliki ratusan pulau-pulau kecil , serta laut Seram dan Laut Halmahera. Laut Banda memiliki perbatasan pulau-pulau yang diantaranya pulau Buru, pulau Ambon, Kepulauan Kai, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Barat Daya. Dan Timor.

Letak sesunggunya Laut Banda ini terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Untuk menuju lokasi ke Laut Banda tersebut harus menempuh dengan menggunakan kapal Feri dari Ambon selama satu malam.

Kegiatan-kegiatan wisata bahari disana beraneka ragam, mulai dari melihat karang dari atas perahu, karena air laut di Laut Banda sangat jernih tidak kotor. Selain itu juga bisa menyelam atau Diving dan Snorkeling, memancing ikan Tuna dan ikan Cakalang, bermain dengan lumba-lumba, dan melihat ikan-ikan yang sangat cantik dan indah dengan berbagai macam jenis dan spesies.

www.flickr.com
www.flickr.com

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, juga ada kegiatan melihat adat yang biasanya dilakukan oleh orang-orang asli daerah sana yaitu acara Timba Uli yang biasa dilakukan setiap tahun dua kali. Acara tersebut dilaksanakan biasanya pada bulan Maret dan April pada menjelang malam bulan 15 hari pukul 17.00 sampai dengan 20.00 WIT.

Musim kunjungan yang baik jika kamu ingin kesana ketika musim teduh, yaitu musim ketika air laut tidak berombak. Musim tersebut terjadi pada bulan Maret, April, Mei, September, Oktober, dan November. Di waktu tersebut juga terdapat banyak ikan Tuba dan ikan Cakalang. Jadi kamu bisa merasakan sendiri memancing disana.

 

Tinggalkan komentar