10 Cara Agar Layar Komputer Tak Mengganggu Kesehatan Mata

Dalam perkembangan dunia tekhnologi informasi, pekerjaan manusia tidak bisa lepas dari yang namanya layar komputer dan laptop. Dari direktur sampai karyawan, dari dosen sampai mahasiswa, semuanya banyak menghabiskan waktu berjan-jam di depan layar monnitor.

Aktivitas ini jika tidak diperhatikan akan menimbulkan dampak buruk bagi mereka. Mulai yang sederhana seperti pusing, sakit leher dan pinggang. Lalu obesitas pemicu penyakit lain, sampai dengan gangguan kesehatan mata.

Yang paling sering banyak dialami adalah pada gangguan mata ini. Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer dan ditangkap oleh mata, ditengarai sebagai penyebab gangguan kesehatan mata.

Untuk itu bagi kamu yang aktivitasnya tidak pernah lepas dari layar, berikut adalah cara untuk menjaga kesehatan mata dari layar komputer. 

1

Memasang Screen Protector

tentangkomputer127.blogspot.com

Fungsi utama dari memasang screen protector atau pelindung layar adalah untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata. Sehingga efek-efek negatif bagi mata bisa dihindari.

Pada monitor komputer PC yang terbuat dari tabung, biasanya dilindungi dengan layar kaca tambahan. Sedangkan pada layar LCD dan LED yang dikatakan lebih rendah radiasinya, bukan berarti juga tidak punya resiko.

Bahkan sebuah penelitian oleh Celia Sanchez Ramoz, dari Complutense University, memaparkan bahwa sinar LED lebih berbahaya jika mata terlanjur terganggu. Itu dikarenakan efek kerusakan mata yang tidak dapat diregenerasi kembali.

2

Mengatur Kecerahan Layar

perangkatkeras.net

Yang paling ideal tentu ada di tengah-tengah, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Biasanya ini tergantung suasana di sekitar, jika ada sinar matahari yang terang tentu layar tidak harus terlalu terang.

Namun kadang kala para pengguna komputer kurang puas jika brightness-nya tidak dibuat terang. Atau sebagian lain karena ingin menghemat daya, layar dibuat begitu gelap.

3

Membiasakan Jarak Pandang Mata yang Ideal

Hal ini yang paling beresiko, terlalu dekat dengan layar seringkali menjadi penyebab dari gangguan mata. Terlalu jauh dari layar monitor sebenarnya juga tak baik, jadi memang bagusnya diantara keduanya.

Paling ideal jarak layar dengan mata adalah sekitar 50-100 cm. Inipun juga tergantung seberapa besar layar monitormu, jika layarnya sampai lebih dari 30 inch tentu jarak pandang perlu diperlebar. Yang paling penting adalah membiasakann jarak ideal ini.

4

Istirahatkan Mata

mediacenter.malangkota.go.id

Kalau lagi serius-seriusnya mata kita memandang monitor, mungkin sangat sedikit intensitas mata berkedip dan mengistirahatkan mata. Inilah yang menyebabkan mata cepat kelelahan.

Solusinya adalah untuk sering berkedip, kira-kira 18  kali permenit. Kalau terlalu repot untuk  mengatur kedipan mata, kamu bisa mengistirahatkan mata selama 5 menit dalam setiap 1 jam.

5

Ruangan Cukup Cahaya

tren.yukbisnis.com

Menurut keterangan medis, menatap layar pada lingkungan yang redup cahayanya, akan berdampak pada kesehatan mata.

Karenanya penting untuk meletakkan layar di tempat yang cukup pencahayaannya.

6

Mengatur Ketinggian Layar

merdeka.com

Bukan hanya jarak pandang, ketinggian layar juga penting untuk kamu atur. Idealnya adalah posisi layar lebih rendah dari penglihatan mata sekitar 2-5 cm.

Hal ini dianggap bisa mengurangi stress pada kornea mata yang merupakan bagian vital pada organ mata.

7

Mengalihkan Pandangan Sejenak

brighterlife.co.id

Kita tahu bahwa mata perlu diistirahatkan, atau paling tidak dinetralkan dari radiasi layar. Karenanya waktu kamu tidak perlu memandang layar seperti saat sedang berpikir atau menulis, alihakan pandangan dari layar monitor.

8

Perbanyak Mengonsumsi Sayuran dan Buah

agro.agroprima.com

Seberapa kuat ketahanan mata kita juga berdasarkan asupan gizi makanan kita. Jika kamu banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang sehat untuk mata tentu resiko bahaya layar dapat dihindari.

Sayur-sayuran seperti bayam, wortel, dan paprika, atau apel pada buah-buahan bisa jadi pilihan terbaik bagi kesehatan mata

9

Menggunakan Lensa Mata Anti Radiasi

archive.kaskus.co.id

Dengan perkembangan teknologi semakin maju, dampak buruk teknologi (radiasi layar) juga bisa dihindari dengan teknologi juga.

Salah satu teknologi yang sudah dikembangkan adalah kacamata atau lensa dengan teknologi EMI (Electro Magnetic Integrated). Lensa EMI diklaim dapat menghindarkan pemakainya dari radiasi layaar monitor.

10

Periksakan Mata Jika Ada Gejala

rumkitputrihijau.blogspot.com

Kadangkala efek buruk yang menimpa mata datang begitu saja tanpa kita sadari. Untuk itu ketika gejala yang mengindikasikan gangguan mata, segera periksakan mata agar nantinya tidak lebih parah dampaknya.

Tinggalkan komentar