Mengenal Lebih Jauh Mengenai Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia merupakan posisi keberadaan negara Indonesia yang berdasarkan letak serta bentuknya di bumi. Menurut letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik) dan dua benua (benua Asia dan benua Australia). Karena letak geografisnya, Indonesia mempunyai peranan penting untuk perekonomian dunia.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai letak geografis Indonesia. Yuk, simak dengan seksama.

 

Pengertian Letak Geografis Indonesia

arset-blogs.blogspot.com

Letak geografis Indonesia adalah letak Indonesia yang dilihat dari kenyataan sebenarnya di bumi. Ada beberapa cara yang cukup mudah untuk mengetahui letak geografis Indonesia. Coba kamu ambil atlas dunia, globe, atau peta dunia. Dari atlas, globe, atau peta dunia tersebut kamu akan mengeahui peta Indonesia.

Dari peta tersebut terlihat bahwa secara geografis, Indonesia berada di antara dua benua, yakni benua Asia dan benua Australia, serta berada di antara dua samudra, yakni samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Dengan demikian, bisa dibilang bahwa Indonesia berada di posisi silang dunia (world cross position). Pada posisi tersebut, Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia. Itulah sebabnya mengapa Indonesia dianggap mempunyai posisi yang sangat strategis.

Akibat yang Ditimbulkan oleh Letak Geografis Indonesia

infoindonesia.wordpress.com

Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh letak geografis Indonesia antara lain sebagai berikut.

  • Indonesia terletak pada persilangan lalu lintas dunia yang sangat ramai. Hal ini sebenarnya sangat menguntungkan jika dilihat dari segi ekonomi.
  • Indonesia mempunyai tiga iklim utama, yakni iklim musim (muson), iklim tropis (iklim kemarau), dan iklim laut.
  • Iklim musim terjadi disebabkan pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Pada bulan April-Oktober, angin bertiup berasal dari timur laut yang bersifat kering sehingga mengakibatkan musim kemarau. Sedangkan, pada bulan Oktober-April, angin yang bertiup berasal dari barat daya yang bersifat basah sehingga mengakibatkan musim hujan.
  • Iklim tropis mengakibatkan rata-rata udara di Indonesia panas. Hal ini terjadi karena letak geografis Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa.
  • Penyebab iklim laut adalah karena kondisi Indonesia yang banyak dikelilingi laut serta samudera. Akibatnya, Indonesia lebih sering mengalami musim hujan.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

laboratoriumpknuny.wordpress.com

Letak Geografis Indonesia mengakibatkan Indonesia memiliki karakteristik khas yang menguntungkan antara lain sebagai berikut.

  • Letak Indonesia yang berada diantara dua benua, yakni Asia dan Australia membuat Indonesia dapat menjalin hubungan yang baik di antara negara yang berada di kedua benua tersebut.
  • Letak geografis membuat dua samudera Indonesia terletak dijalur lalu lintas internasional dan bisa menjadi transit jalur perdagangan dunia.
  • Indonesia terdiri dari banyak pulau yang menjadikannya memiliki beragam kebudayaan, karena terdiri dari berbagai suku, budaya, dan bangsa.
  • Laut yang sangat luas dan garis pantai mejadikan Indonesia mempunyai hasil laut yang berlimpah seperti ikan, kerang laut, ataupun bahan tambang seperti minyak bumi.
  • Letak geografis Indonesia dilalui jalur perdagangan internasional.
  • Adanya pembagian tiga zona waktu yang berbeda di Indonesia
  • Keragaman antara fauna dan flora.
  • Keragaman jenis tanah di Indonesia.

Kerugian Letak Geografis Indonesia

ipsgampang.blogspot.com

Selain letak geografis Indonesia yang begitu menguntungkan, namun ada juga dampak kerugian dari letak geografis di Indonesia. Berikut kerugian dari letak geografis Indonesia.

  • Pencurian ikan yang sering dilakukan oleh para nelayan dari negara lain, karena sumber daya alam di Indonesia begitu melimpah.
  • Pengambilan batas wilayah Indonesia yang sering dilakukan oleh negara tetangga karena pengawasan di wilayah laut maupun darat kurang diperketat.

Demikian sedikit penjelasan mengenai letak geografis di Indonesia. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar