Inilah Letak Kerajaan Sriwijaya Sebenarnya

LETAK KERAJAAN SRIWIJAYA – Kerajaan Sriwijaya ialah kerajaan Melayu kuno yang berada di pulau Sumatra yang memiliki pengaruh pada kepulauan Nusantara. Di dalam bahasa Sangsekerta, nama dari Sriwijaya ini awal mulanya berasal dari kata “sri” yang mana arti dari kata sri ini ialah bercahaya, dan kata “wijaya” yang memiliki arti kemenangan.

Hallo teman-teman berhubung kali ini satujam membahas tentang Kerajaan Sriwijaya, maka pada kesempatan kali ini satujam akan membahas tentang keberadaan Letak Kerajaan Sriwijaya yang sebenarnya. Mungkin diantara teman-teman ada beberapa yang belum mengetahui tentang dimana sih lokasi sebenarnya.

Maka dari itu, yuk langsung saja simak artikel dibawah ini yang akan mengulas tentang sejarah, letak kebaradaan kerajaan siriwijaya dan masih ada beberapa yang akan dibahas juga di artikel ini. Selamat membaca 🙂

Sriwijaya Sumber Kerajaan Nasional

hidupsimpel.com

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan yang dahulu pernah jaya dan besar di Negara Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini juga disebut sebagai sebutan negara nasional pertama, karena ketika pada masa kejayaannya, daerah kerajaan atau kekuasaannya mencangkup Indonesia bagian barat, Siam pada bagian selatan, semenanjung Malaya, sebagian juga ada yang di Negara Filiphina, di Negara Brunai Darusalam dan juga di pulau Kalimantan.

Selain dari itu, berlandaskan dari temuan-temuan peninggalannya bisa diketahui wilayah-wilayah yang memang tunduk dan takut dengan Kerajaan Sriwijaya, Contoh misalnya seperti prasasti Karang Berahi di Jambi, seperti candi Muara Takus di Kepulauan Riau, dan seperti prasasti Kota Kapur di Kepualauan Bangka.

Sedangkan tentang pusat kepemerintahan, G. Goedes memprekdisikan Kerajaan Sriwijaya berada di daerah Palembang. Akan tetapi beberapa ahli memiliki pendapat atau prinsip lain, seperti halnya dengan R.C. Majumdar (pulau Jawa dan selanjutnya Ligor).

Letak Kerajaan Sriwijaya dan Kepemerintahannya

letak kerajaan sriwijaya
erapelajar.blogspot.co.id

Kenapa Kerajaan Sriwijaya sangat cepat dalam perkembangannya menjadi salah satu kerajaan yang besar dan kuat di dalam bidang maritim? Gimana sih sistem kepemerintahan yang dipasang oleh Kerajaan Sriwijaya ini? Yuk, langsung saja kita ulas satu persatu pertanyaan tersebut.

  • Menurut geografis, daerah Palembang ini merupakan salah satu wilayah yang sangat strategis, terutama adanya keberadaan sungai Musi yang menyambungkan dengan wilayah pedalam Pulau Sumatera. Pulau yang letaknya berada tepat di hadapan muara sungai Musi ini sangat berguna sekali untuk dijadikan sebagai pelindung pelabuhan sehingga adanya kondisi seperti ini sangat cocok untuk dijadikan kegiatan-kegiatan pertahanan dan kepemerintahan.
  • Pantai Timur Pulau Sumatera merupakan salah satu pantai yang dijadikan sebagai persimpangan lalu lintas pelayaran Internasional sampai saat ini. Jatuhnya kerajaan Funan di Negara Vietnam yang disebabkan serangan oleh Kamboja. Adanya hal ini mengasihi sebuah kesempatan kepada Sriwijaya untuk berkembang dengan pesat sebagai negara Maritim.
  • Sriwijaya mempunyai berebagai macam keahlian-keahlian, lebih-lebih untuk kegiatan perdagangan dan pelayaran. Contoh kecil misalnya seperti adanya beberapa sungai yang besar, perairan air laut yang terbilang cukup tenang dan datarm dan masyarakat-masyarakat yang berbakat seperti halnya pelaut ulung.

____________________________________________

Nah, demikianlah penjelasan tentang letak kerajaan sriwijaya yang dilengkapi dengan sedikit cerita tentang sejarah kerajaan sriwijaya, terimakasih telah berkunjung dan membaca semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk diri kita pribadi dan untuk teman-teman semunya.

Tinggalkan komentar