Pengertian dan Pentingnya Leukosit Bagi Tubuh

LEUKOSIT ADALAH – salah satu sel yang membentuk susunan pada darah. leukosit disebut juga sel darah putih. Sel ini mempunyai inti, tapi tidak mempunyai bentuk sel utuh/tetap dan juga tidak berwarna.

Sel darah putih kurang lebih berjumlah 8.000 setiap milimeter kubik dalam darah. Tempat dari pembuatan sel darah putih merupakan sumsum merah pada bagian tulang pipih, kelenjar getah bening dan limpa. Semua leukosit ini memiliki jangka hidup kira-kira enam sampai delapan hari.

Sel darah putih atau leukosit ini bisa dibedakan menjadi berbagai macam, contohnya limfosit, monosit, basofil dan neutrofil, eosinofil. Biasanya berukuran lebih besar dibandingkan dengan sel darah merah, berinti sel bulat atau cekung, dan bentuk tidak beraturan.

Jenis dari sel darah putih neutrofil adalah yang paling banyak, hampir 60%. Neutrofil ini bertugas mematikan dan menyerang bakteri yang mepenyebabkan penyakit bisa masuk ke dalam tubuh.

Neutrofil akan menyelubungi bakteri dan melepaskan sejumlah zat yang mematikan bagi bakteri penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Cara menyelubunginya penting dan di dalam leukosit ada 20%-30%.

Sel darah putih juga memiliki sifat fagosit, sifat ini bisa mematikan suatu kuman penyebab penyakit. Untuk bisa memusnahkan kuman penyakit, leukosit akan menembus dinding dalam pembuluh darah. Kemampuan ini dinamakan diapedesis.

Peningkatan pada jumlah leukosit yang tidak terkendali bisa menyebabkan sel darah putih ini menghancurkan sel darah merah dengan kata lain bersifat abnormal. Hal ini sering terjadi pada pasien penderita kanker darah atau eukimia.

Fungsi Leukosit

Leukosit Adalah

Fungsi leukosit sangat penting bagi kesehatan yubuh, berikut fungsi-fungsinya:

  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Melindungi badan dari gangguan mikroorganisme monosit dan granulosit
  • Mengurung darah yang sudha terkena infeksi atau cidera
  • Menghancurkan dan menangkap organisme hidup
  • Menyingkirkan atau menghilangkan benda-benda berbahaya seperti kotoran, serpihan hancuran dan lainnya.
  • memiliki enzim yang bisa menguraikan protein yang berbahaya bagi tubuh
  • Memiliki pertahanan yang kuat dan juga cepat terhadap penyakit-penyakit yang menyerang.
  • Sebagai pengirim zat lemak dari bagian dinding usus melewati limpa kemudian ke pembuluh darah
  • Pembentukan Antibodi.

Bisa di ambil kesimpulan bahwa leukosit adalah salah satu sel terpenting dalam tubuh manusia yang sangat berkontribusi bagi kesehatan.

Tinggalkan komentar