Lezatnya Makanan dan Kuliner Khas Maluku, Maknyus

Maluku adalah sebuah daerah dimana memiliki banyak sekali makanan khas mulai dari yang sederhan hingga yang rumit. Nah, ketika kamu ingin jalan-jalan ke Maluku jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya.

 

Papeda

Papeda
wikimedia.org

Di Maluku terdapat sebuah makanan yang berupa bubur sagu yaitu Papeda. Papeda adalah makanan khas dari daerah Maluku dan Papua. Makanan ini biasa disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang telah dibumbui dengan kunyit.

Papeda memiliki warna putih dan juga bertekstur lengket yang mirip dengan lem dengan rasa yang tawar. Kebanyakan orang tidak pernah tahu bahwa papeda ini sangat kaya akan serat, rendah kolesterol dan nutrisi yang ada di dalamnya sangat cukup untuk kesehatan.

Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda
http://www.hersays.com/

Ikan kuah pala banda adalah makanan yang terbuat dari berbahan dasar ikan. Makanan ini adalah kuliner asli masyarakat di Kepulauan Banda. Pulau banda adalah salah satu pulau yang paling terkenal akan rempah-rempah di Indonesia. Ikan pala banda ini memiliki kelezatan yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu.

Bahkan, dahulu setiap ada para petinggi Belanda yang datang ke Banda, makanan ini selalu disajikan untuk menjamunya. Kuah sopnya terasa segar, rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala.

Makanan ini selalu disajikan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan Cakalang tumbuk.

Nasi Lapola

Nasi Lapola
abdulromli.it.student.pens.ac.id

Tahukah kamu bahwa orang Maluku tidak hanya makan Sagu loh, ternyata mereka juga makan nasi yaitu Nasi Lapola. Makanan ini adalah salah satu makanan khas yang dimasak dengan menggunakan kacang tolo. Beras yang dimasak dengan menggunakan api kecil sampai setengah matang.

Lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut dan garam. Setelah itu barulah diaduk rata. Setelah tercampur semua barulah nasi lapola ini dikukus hingga matang sempurna.

Kohu Kohu

Kohu kohu
ceritakaliskukis.wordpress.com

Kohu-kohu lebih mirip dengan sayur urap jika di Pulau Jawa. Kohu-kohu adalah salah satu makanan khas Maluku yang terbuat dari ikan teri basah lalu dicampur dengan tauge, terong, kacang rebus dan paruta kelapa.

Setelah itu dibumbui lagi dengan perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah dan bawang putih. Nah, rasanya akan tambah nikmat apabila dimakan bersama dengan kasbi (Singkong) rebus.

BACA JUGA: 27 Resep Sambal Asli Nusantara, Nampol!

Ikan Komu Asar

Ikan Asar
inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Ikan Komu asar adalah salah satu makan khas Maluku berbahan dasar ikan Cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu lalu diasap selama kurang lebih satu jam.

Biasanya ikan asar di buat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan Asar ini sangat cocok disantap dengan nasi yang masih hangat dan sambal colo-colo khas Maluku.

Sagu Woku Komo Komo

Sagu Woku Komo-komo
klikhotel.com

Sagu woku komo-komo adalah salah satu makanan khas Maluku yang berbahan dasar sagu. Cara membuatnya pun sangat mudah. Awalnya sagu direndam dengan air dingin selama satu jam. Lalu bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai dan jahe ditumis.

Kemudian jeroan ikan dan air dimasukkan dan dimasak hingga matang. Selanjutnya, bawang merah dan bawang putih ditumis hingga kecoklatan.

Masukan santan kelapa cair dan sagu, kemudian masak hingga mengering. Tambahkan santan kental, garam, merica dan daun bawang. Setelah matang, sagu didinginkan terlebih dahulu.

Jeroan ikan dipotong bentuk dadu. Lalu, sagu dan jeroan ikan yang telah dipotong-potong dimasukkan ke dalam daun woka. Terakhir, bungkusan daun woka ini dipanggang dengan bara api hingga kering dan matang.

Talam Sagu Bakar

Talam
abdulromli.it.student.pens.ac.id

Talam Sagu Bakar adalah makanan khas Maluku yang berbahan dasar sagu. Nah, dalam pembuatan makanan ini sangat mudah sekali, sagu direndam dan dihaluskan. Sementara itu gula merah dimasak. Lalu, sagu dan gula merah ditiriskan dan dicampur, lalu ditambahkan gula pasir dan diaduk hingga kental.

Lalu ke dalam adonan talam, sagu bakar ini ditambahkan mentega, kacang brenebon (kacang merah), dan kenari. Setelah itu, adonan ini dibakar hingga kering. Talam sagu bakar ini memiliki rasa yang manis dan cita rasa yang khas berkat campuran kenari dan kacang brenebon. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan.

Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi
lofoodie.blogspot.com

Makanan khas Maluku satu ini mungkin sudah cukup terkenal yaitu, Bubur Sagu Ubi. Bubur sagu ubi ini sangat mudah cara pembuatannya. Pertama-tama, sagu lempengan direndam dalam air hingga mengembang.

Setelah itu airnya dibuang dan tiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dalam air hingga gula larut. Setelah itu air gula campurkan dengan sagu yang telah lunak dan ubi merah rebus. Bubur sagu ubi siap dinikmati.

Tinggalkan komentar