Pengertian Liberalisme Lengkap dengan Ciri dan Jenis-jenisnya

LIBERALISME ADALAH – Istilah ‘liberalisme’ diambil dari bahasa Latin yaitu liber, yang mempunyai arti bebas atau merdeka. Sampai akhirnya  di akhir abad 18 M, istilah liberal berkaitan kepada konsep manusia merdeka, baik smerdeka sejak lahir maupun merdeka setelah terbebas dari status budak.

Pengertian Liberalisme

liberalisme adalah
parararam.com

Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, serta tradisi politik yang disandarkan kepada pemikiran bahwa kebebasan dan persamaan hak merupakan nilai politik yang pokok.

Kemudian juga Secara umum, liberalisme ini bertujuan menjadikan suatu masyarakat yang bebas, cirinya ialah adanya kebebasan berpikir bagi setiap orang. Serta pada Paham liberalisme ini menolak adanya pembatasan, terlebih lagi antara pemerintah dan agama.

Jika melihat kebelakang, Liberalisme ini sudah ada sejak era Renaissance, dimana saat itu lagi semangat-semangatnya memperjuangkan kebebasan dari dominasi gereja atau agama, politik dan ekonomi.

Adanya Kebebasan pada bidang politik akan menciptakan konsep terkait dengan negara yang demokratis. Dan pada bidang ekonomi, liberalisme sangat menolak adanya campur tangan pemerintah,  bahkan peranan swasta disini sangat diutamakan.

Dan pada masyarakat modern ini, liberalisme bisa saja dapat tumbuh pada sistem demokrasi, hal ini disebabkan keduanya sama-sama disandarkan pada kebebasan mayoritas.

Ciri-ciri Liberalisme

liberalisme adalah
parararam.com
  • Anggota masyarakat mempunyai kebebasan intektual penuh
  • Pemerintah tidak berhak campur tangan dalam mengatur masyarakat, kalau pun ada itu pun secara terbatas
  • Kekuasaan seseorang kepada orang lain termasuk hal dibenci dan hal jelek
  • Masyarakat dikatakan bahagia apabila jika setiap individu atau sebagian besar individu bahagia juga.

Macam-macam Liberalisme

liberalisme adalah
parararam.com
  • Liberalisme Klasik

Liberal kalsik pertama kali ada pada abad ke 16. Sampai di era sekarang, nilai-nilai dari Liberalisme Klasik masih ada. Di dalam Liberalisme Klasik, keberadaan individu serta kebebasannya begitu sangat diutamakan.

Tiap individu mempunyai kebebasan dalam berpikir, yang akan menghasilkan paham baru. Setidaknya terdapat dua paham, yaitu demokrasi (pada politik) dan kapitalisme (pada ekonomi).

Walaupun begitu, tidak berarti kebebasan yang ada pada individu itu merupakan kebebasan mutlak, kebebasan itu tentunya kebebasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Jadi, tetap harus ada aturan pada ideologi ini dengan kata lain, bukan bebas yang sebebas-bebasnya.

  • Liberalisme Modern

Liberalisme Modern mulai ada di abad ke-20. Liberalisme Modern tak ada perubahan pada hal-hal yang mendasar hanya ada beberapa tambahan saja pada versi yang baru.

Tinggalkan komentar