Kalau Liburan Bersama Anak di Rumah Bisa Dibuat Mengasyikkan, Kenapa Harus Cari Tempat yang Jauh?

Berlibur ke tempat yang jauh belum tentu mengasyikkan. Siapa tahu perjalanan yang kamu tempuh itu memakan waktu yang sangat lama, belum lagi jalannya yang entah berlubang atau banyak tikungan. Belum lagi kalau liburan panjang, kemungkinan jalan menjadi macet pun  semakin besar.

Sesampainya di tempat tujuan, barangkali hal yang kamu harapkan tak sesuai dengan kenyataannya. Wah, kalau sudah begitu, kamu pasti merasa kecewa. Jadi, liburan ke tempat yang lebih jauh belum tentu membuatmu senang.

Barangkali jika kamu mencoba mengisi waktu liburanmu di rumah, itu akan lebih mengasyikkan. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan bersama keluarga dan sahabat-sahabat terdekatmu, seperti berikut ini.

1

Membersihkan Kamar

www.babysitting.academy

Bukan membersihkan kamar yang biasa lho. Kali ini, kamu bisa mendesain ulang kamarmu. Jadi, kamu pun bisa nyaman dan senang ketika berada di dalam ruang pribadimu ini. Mungkin kamu menginginkan tata letak kamar yang baru dan lebih fresh.

Atau kamu bisa juga meminta kepada orangtuamu untuk mengecat ulang kamarmu. Berikan saja usulan kepada orangtuamu siapa tahu mereka menyetujui permintaanmu itu.

2

Membaca Buku

blog.babyoye.com

Memanfaatkan waktu berlibur untuk menyalurkan hobimu pasti sangatlah menyenangkan. Jika kamu adalah penggemar berat buku, maka, liburan menjadi waktu yang sangat berguna bagimu. Kamu bisa sepuasnya menghabiskan waktu di rumah dan membaca buku-buku kesukaanmu.

Tetapi, sebelum liburan, sebaiknya kamu membeli beberapa buku yang akan kamu baca. Jadi, ketika libur sudah tiba, kamu tak akan kehabisan stok buku deh. Semua jadi aman terkendali.

3

Memasak Bersama

www.newsworks.org

Serunya bermain peran di dapur pun bisa kamu lakukan. Buat ruang makanmu seperti restoran bintang lima. Ajak ibu, ayah dan saudaramu yang lain untuk ikut serta mewujudkan mimpimu. Kamu jadi chef yang sangat berbakat, sedangkan ayah menjadi asisten chef.

Lalu, ibumu adalah seorang pengritik makanan dan saudaramu sebagai pelanggan restoran. Kegiatan yang menyenangkan ini pasti akan menjadi kenangan yang indah untuk keluargamu.

4

Berkebun dan Bertaman

bloominthyme.com

Jangan hanya berada di dalam rumah saja. Sekali-kali keluarlah dan ajak anakmu untuk bertaman di halaman rumah. Kamu bisa merapikan taman yang sudah ditumbuhi rumput liar dan menata ulang tata letak tanaman yang ada di taman.

Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya untuk berkebun. Belilah beberapa bibit sayuran dan ajari anakmu untuk mulai menanam bibit itu, nanti saat sudah tumbuh, kalian bisa sama-sama memanennya dan langsung memasaknya di di dapur.

5

Menonton Film

time.com

Tak mesti pergi ke bioskop kok, pilihkan saja film yang menjadi kesukaan anakmu dan putarkan di rumah. Sebelum menonton film, kalian bisa terlebih dahulu membuat cemilan seperti popcorn atau membeli keripik di warung terdekat sebagai teman nonton film.

Dengan begini, liburanmu tak akan pernah membosankan, bahkan akan sangat menyenangkan. Agenda untuk melakukan hal yang sama di hari libur selanjutnya sepertinya akan sama, nonton film.

6

Mengundang Teman Main ke Rumah

www.simplysprouteducate.com

Tetangga sebelah rumah atau teman-temanmu di sekolah pasti juga sedang merayakan hari liburnya kan? Tak ada salahnya untuk sesekali mengundang mereka main ke rumah. Kamu bisa memasak, bermain boneka, bermain sepak bola atau menonton film bersama kan?

Teman-temanmu pun pasti akan suka dan senang untuk sering-sering melakukan kegiatan seperti ini selama liburan.

7

Barbeque

blog.canvasholidays.co.uk

Ketika kamu mengundang teman-teman ke rumah, kamu bisa mengajaknya untuk barbeque-an bersama. Mengisi waktu libur dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti ini pasti akan menjadi bahan cerita untuk kalian di masa depan.

Barbeque-an bersama pun bisa mengikat hubungan kalian semakin dekat dari sebelumnya juga lho.

Tinggalkan komentar