Arti Logo UKS Beserta Sejarah Singkatnya

LOGO UKS – Usaha Kesehatan Sekolah atau disingkat dengan UKS didirikan sejak tahun 1956 melalui sebuah project pilot yang berada di Bekasi dan Jakarta yang merupakan kerjasama antara departemen Kesehatan.

Arti dari Logo UKS

Arti dari Logo UKS
nazariadina.blogspot.com

Logo Tim pembina UKS meliputi atas segitiga sama sisi. Di dalam segitiga itu ada satu buah lingkaran yang berdempetan dengan ketiga segitiga itu. Di dalam lingkaran tersebut terdapat tulisan UKS yang merupakan singkatan dari Usaha Kesehatan Sekolah) yang ditulis secara vertikal dan mendatar dengan huruf K berada di tengah-tengah.

Segitiga sama sisi menyimbolkan lingkaran yang memberikan pengaruh perkembangan serta pertumbuhan seorang anak ialah lingkungan masyarakat, sekolah dan keluarga.

Selain itu, segitiga pun mempunyai arti Trias UKS ialah Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat, Pelayanan kesehatan dan Pendidikan kesehatan. Lingkaran yang berada dalam segitiga menyimbolkan kegotong-royongan serta keterpaduan dalam melaksanakan program UKS / Usaha Kesehatan Sekolah.

Singkatan UKS yang ditulis secara vertical dan mendatar mempunyai arti bahwasanya Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah / UKS merupakan usaha yang berkesinambungan yang tidak ada hentinya, diberikan kepada seluruh jenis tingkat pendidikan, mulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga taman kanak-kanak (TK).

Sejarah Singkat UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

sejarah singkat usaha kesehatan sekolah
pilarbangsa.com

Pada tahun 1956 telah didirikan kerjasama antara Departemen Dalam Negeri bentuk proyek UKS perkotaan di Jakarta serta UKS pedesaan di Bekasi, Dinas Pendidikan dan Departemen Kesehatan. Kemudian pada tahun 1970 dibentuklah sebuah panitia bersama UKS antara Depdikbud dan Depkes yang pada tahun 1980 ditingkatkan menjadi Keputusan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pembentukan kelompok kerja UKS.

Pada tahun 1982 telah ditandatangani Piagam Kerjasama antara Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama dan Direktur Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat mengenai Pembinaan Anak dan Perguruan Agama Islam.

Di tahun 1984, untuk lebih meyakinkan pembinaan UKS secara terpadu mengeluarkan Surat Keputusan Bersama atau disingkat SKB 4 Menteri antara Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Keberhasilan pengembangan dan pembinaan UKS ada akhirnya akan terlihat di saat perilaku hidup sehat serta derajat kesehatan peserta didik. Ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pengembangan dan pembinaan UKS. Hal ini disebabkan UKS adalah wadah serta program yang sangat efisein agar dapat meningkatkan kesehatan peserta didik sedini mungkin dan  kemampuan hidup sehat.

Semua hal tersebut dilakukan secara terpadu oleh keempat departemen serta semua jajaran baik di daerah maupun di pusat.

Sekian pembahasan mengenai arti logo UKS beserta sejarah singkatnya. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar