Ternyata Lubang Buatan Paling Dalam di Muka Bumi Ada di Rusia

Apa kamu tahu lubang buatan terbesar di dunia berada dimana? Lubang buatan terbesar di dunia berada di Rusia. Di suatu daerah di Rusia bagian barat kamu akan menemukan sebuah besi tua, yang di dalamnya terdapat bongkahan besi yang tertanam jauh di dalam tanah.

Ya, itu adalah bongkahan besi bekas peninggalan proyek penggalian. Negara Soviet tersebut pernah melakukan suatu proyek penggalian ke dalam tanah untuk membuat lubang buatan yang hingga sekarang masih menjadi rekor lubang buatan terdalam di dunia.

youtube.com
youtube.com

Memangnya seberapa dalam sih lubang buatan tersebut? Tidak main-main, lubang tersebut kurang lebih sedalam 12 kilometer. Lubang butan yang berjuluk “Kola Superdeep Borehole” ini memang menjadi lubang terdalam yang pernah digali umat manusia.

Jika mau membandingkan, Samudra Pasifik mempunyai kedalaman laut sekitar 10-11 km. Itu berarti lubang buatan di Rusia ini dalamnya melebihi rata-rata samudra. Wow! Pantas saja diberi nama “Superdeep”.

Sejarahnya, para ilmuwan dari Soviet pada tahun 1970 melakukan penelitian untuk mencari tahu isi dari inti Bumi. Penggalian tersebut dimulai hingga 24 tahun setelahnya yaitu tahun 1994 penggalian dihentikan karena para ilmuwan tidak mendapatkan hasil yang selama ini mereka cari.

www.theunusualfacts.com
www.theunusualfacts.com

Penggalian dalam kurun waktu 24 tahun tersebut menghasilkan lubang sedalam 12 km. Dan lubang buatan tersebut akhirnya menjadi lubang buatan terdalam dan hingga sekarang belum ada yang menandinginya. Mungkinkah proyek lubang buatan tersebut berlanjut? Kita lihat saja nanti.

Tinggalkan komentar