Sinkhole, Fenomena Lubang Terdalam di Dunia yang Terjadi Secara Tiba-Tiba

Fenomena sinkhole merupakan fenomena terjadinya sebuah lubang raksasa yang terjadi secara tiba-tiba akibat pengikisan pondasi tanah oleh air. Air mengikis tanah secara terus menerus sehingga mengakibatkan longsor di dalam tanah dan kemudian tanah bagian atas akan amblas.

Fenomena sinkhole ini biasanya terjadi pada tanah-tanah yang mudah terlarut dengan air. Tanah gipsum dan tanah kapur merupakan salah satu contoh tanah yang rawan terkena fenomena sinkhole ini.

Walaupun terdapat banyak jenis tanah yang berpotensi mengalami fenomena aneh ini, sinkhole bukanlah fenomena yang sering terjadi. Bahkan jumlah kasus mengenai sinkhole juga tak begitu banyak.

Salah satu kasus fenomena sinkhole yang terkenal adalah sinkhole yang terjadi di Guatemala City,  Amerika Serikat. Fenomena sinkhole tersebut terjadi dua kali di kota yang sama, yaitu 2009 dan 2010.

http://news.nationalgeographic.com/
http://news.nationalgeographic.com/

Pada tahun 2009, fenomena sinkhole yang terjadi di Guatemala tidak menelan korban jiwa. Namun di tahun berikutnya, fenomena sinkhole yang terjadi di kota ini menelan sebuah gedung 13 tingkat serta sebuah rumah penduduk setempat.

Selain di Guatemala City, fenomena sinkhole ini pernah terjadi di Kanada, tepatnya di kota Saint Jude, Montreal. Fenomena sinkhole menelan sebuah rumah beserta seisi penghuni rumah tersebut.

Satu keluarga yang berada di rumah tersebut dikabarkan tewas akibat kejadian ini. Kejadian ini juga menelan sebuah mobil truk yang kebetulan sedang melintas di sana.

Selain di kedua daerah tadi, sinkhole juga pernah terjadi di daerah-daerah lainnya. Di Indonesia sendiri juga sinkhole bisa saja sewaktu-waktu terjadi dan menjadi salah satu fenomena alam di Indonesia.

Sekian informasi singkat mengenai fenomena sinkhole. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar