Lihatlah! Siput-siput Ini Begitu Lucu dan Menggemaskan

Banyak hal yang masih tersembunyi di dalam laut dan banyak pula hewan yang hingga saat ini belum pernah dilihat oleh manusia secara umum. Salah satu hewan yang mungkin belum banyak dilihat dan diketahui oleh manusia secara umum adalah siput.

Siput merupakan hewan laut yang ternyata memiliki banyak sekali jenisnya. Semua jenis siput ini terlihat sangat lucu. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa jenis siput yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

 

Siput Samudra Biru (Glaucus atlanticus)

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Salah satu jenis siput laut yang belum banyak dikenal adalah siput samudra biru. Jenis siput ini memiliki nama latin, yaitu Glaucus atlanticus. Siput ini digolongkan dalam keluarga Ordo nudibrachia (siput laut tak bercangkang). Siput yang memiliki wujud yang unik ini memiliki ukuran sekitar 5-8 cm saja. Jika kamu lihat sekilas, siput ini lebih mirip dengan kadal yang berkaki enam.

Kelinci Laut (Acanthodoris pilosa)

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Coba kamu perhatikan hewan yang satu ini. Sangat mirip dengan kelinci, bukan? Hewan yang satu ini termasuk dalam keluarga siput laut. Banyak menamakan hewan ini kelinci laut. Mungkin, bentuknya yang mirip dengan kelinci yang menjadikan siput ini dinamakan kelinci laut. Bahkan, kelinci laut ini terlihat jauh lebih lucu dan imut dibandingkan dengan kelinci darat.

Siput yang memiliki nama latin Acanthodoris Pilosa ini kebanyakan memiliki bulu yang berwarna putih dengan ujung berwarna merah gelap. Di bagian ujung badan depan, terdapat dua antena yang mirip seperti telinga berwana merah gelap juga. Sedangkan, dibagian ujung belakang badannya terdapat ekor yang berwarna merah gelap.

Hypselodoris kanga

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Hypselodoris kanga juga termasuk salah satu jenis siput yang memiliki warna dasar biru keabu-abuan. Warna biru pada tubuhnya ini ditutupi dengan bintik-bintik yang berwana kuning dan hitam. Selain itu, jenis siput ini memiliki insang yang berwarna putih dan dilapisi dengan warna orange. Panjang siput ini sekitar 70 mm.

Domba Laut (Costasiella kuroshimae)

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Jika tadi kita telah membahas siput yang mirip dengan kelinci, kali ini kita akan membahas siput yang mirip dengan domba. Masak sih siput ini mirip dengan domba? Coba saja kamu perhatikan bentuknya, terutama bagian kepalanya. Sangat mirip dengan domba, bukan? Oleh karena itu, siput ini dinamakan domba laut.

Jenis siput ini memiliki nama latin Costasiella kuroshimae. Hewan ini termasuk dalam spesies siput laut Sacoglossan yang memiliki mata dan wajah datar seperti manik-manik. Hal ini membuatnya terlihat seperti kartun domba yang menggemaskan.

Siput ini bisa tumbuh hingga 5 mm dan kamu bisa menemukan siput ini di perairan Indonesia, Filipina dan dekat Jepang. Namun, untuk bisa melihat siput ini didalam laut cukuplah sulit. Mungkin, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihatnya di dalam laut saat kamu melakukan penyelaman.

Dirona albolineata

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Dirona albolineata merupakan jenis siput laut yang termasuk dalam keluarga Dironidae. Siput ini memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis siput lainnya. Ukuran siput ini bisa mencapai 180 mm atau 7 inchi. Warna siput ini bervariasi. Hal ini tergantung pencahayaannya. Terkadang, siput terlihat berwarna putih, biru, bahkan pink.

Siput Daun (Elysia chlorotica)

http://www.boredpanda.com
http://www.boredpanda.com

Siput yang satu ini memiliki nama latin Elysia chlorotica. Banyak yang menyebutnya siput daun. Karena siput ini sangat mirip dengan daun. Bahkan warna tubuhnya sangat mendukung kemiripannya, yaitu berwarna hijau.

Tinggalkan komentar