13 Foto Lukisan 3 Dimensi Terunik di Dunia

Lukisan 3 Dimensi – Lukisan 3 dimensi merupakan suatu karya seni modern yang biasanya para seniman menjadikan lahan umum sebagai ‘kanvas’ lukisan mereka. Akan tetapi, bukan berarti mereka meninggalkan begitu saja karya lukis di kertas, mereka tetap menggunakan kertas sebagai media utama.

Suatu gambar bisa menjadi berefek 3 dimensi karena penataan warna serta bayangan yang sempurna. Disamping itu, sudut pandang pengambilan gambar juga tidak kalah penting agar efek 3 dimensi semakin terasa. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar 3 dimensi yang para senimannya menjadikan ruang umum untuk dijadikan kanvasnya.

 

Berdiri di atas telapak kaki

infounik.org
infounik.org

Lukisan 3D karya Eduardo Relero ini menunjukkan seseorang yang berusaha menyeimbangkan diri di atas kaki seseorang yang terbalik.

“Hey, ambil kunci mobilnya”

infounik.org
infounik.org

Masih karya Eduardo, lukisan ini menggambarkan seorang raja yang sedang berusaha mengambil sesuatu, dalam gambar ini kunci mobil milik seorang wisatawan, karena dihadut oleh badut jahat.

Seorang pria yang terpeleset di tangga stasiun bawah tanah

infounik.org
infounik.org

Kali ini Eduardo benar-benar membuat kesan bahwa ada stasiun bawah tanah di trotoar umum ini. Kesan ini semakin meyakinkan karena ia ditambah gambar orang yang terpeleset jatuh ke ‘dalam’.

Hewan-hewan Jumanji yang keluar dari TV

infounik.org
infounik.org

Lukisan di stasiun ini menggambarkan seseorang yang sedang menonton film Jumanji, namun ternyata tokoh beserta hewan-hewan di dalamnya ikut keluar dari layar televisi sehingga orang tersebut tersentak kaget.

Menara Effiel dari tanah liat

infounik.org
infounik.org

Wow, apakah dia benar-benar membolongi lantai trotoar tersebut untuk membuat menara Effiel mini? Tenangn saja, itu semua hanyalah lukisan.

Sekedar info, untuk membuat lukisan dengan efek benda yang tinggi seperti ini, seniman membutuhkan lahan yang panjang. Seperti gambar ini contohnya, sebetulnya ia bukannya “meninggi” ke atas, akan tetapi memanjang ke atas.

Seseorang telah menemukan harta karun di tengah kota!

infounik.org
infounik.org

Efek 3D dari lukisan jalanan ini sangatlah terasa dengen efek gundukan itu. Terlihat di gambar seseorang yang seolah-olah sudah menemukan harta karun di bawah jalanan kota. Namun sayangnya, itu semua hanya efek lukisan, eh tapi sepertinya untuk perhiasan yang ia pegang itu perhiasan asli, hehe.

Memanjat tiang listrik

infounik.org
infounik.org

Gambar 3D ini membuat kesan bahwa si pekerja listrik ini sedang menaiki tiang listrik yang sangat tinggi yang di bawahnya terdapat anak-anak yang sedang bermain. Hmm, kira-kira dia sudah memanjat berapa meter ya, sampai-sampai bangunan itu sudah tertinggal jauh.

Seperti yang sudah disampaikan tadi, para seniman lukis 3 dimensi tidak hanya memakai jalanan atau trotoar saja untuk mengekspresikan kreatifitasnya. Mereka tetap menggunakan kertas sebagai media utama, terutama untuk melatih keahliannya sebelum dipertontonkan di khalayak ramai. Berikut ini adalah beberapa contoh sketsa-sketsa para seniman profesional tersebut.

Kapal yang mengambang ‘di atas kertas’

designhuntr.com
designhuntr.com

Gambar ini adalah bentuk latihan seorang seniman yang sedang berlatih membuat efek timbul pada gambar 3D-nya itu.

Tom si Kucing merusakkan hp

princekumarbhatia.deviantart.net
princekumarbhatia.deviantart.net

Pada sketsa ini, sang pelukis berusaha membuat efek bahwa kucing Tom ini sedang berdiri menghadap ke arah kita. Sebagaimana yang sudah dibocorkan tadi, sebetulnya Tom tidaklah ‘meninggi’ ke atas, akan tetapi ia ‘memanjang’ ke atas.

Pesawat yang sedang bermanuver

coolmaterial.wpengine.netdna-cdn.com
coolmaterial.wpengine.netdna-cdn.com

Lihatlah bagaimana seorang seniman sedang berlatih membuat efek pesawat serta bayangannya yang sedang terbang rendah. Apabila kita perhatikan, untuk gambar 3 buah pesawat serta bayangannya saja, sudah menghabiskan sebanyak 6 kertas. Bisa dibayangkan berapa meter yang harus dipakai ketika seorang seniman sudah ‘beraksi’ di jalanan umum.

Kapal perang abad pertengahan

designtaxi.com
designtaxi.com

Pada lukisan manual dengan pensil ini, dapat kita pahami bahwa sang seniman baru saja selesai membuat sebuah kapal perang model abad pertengahan. Sekali lagi dapat kita ambil pelajaran, bahwa untuk membuat gambar 3D yang sempurna, pasti memerlukan perjuangan yang besar untuk memperhatikan detailnya dan juga ia akan membutuhkan kanvas yang luas.

Saluran air bawah tanah

3ddevelopment.info
3ddevelopment.info

Sama dengan membuat gambar dengan efek tinggi, untuk membuat efek bawah tanah juga memerlukan tempat yang cukup agar efek tersebut menjadi lebih nyata. Untuk membuat efek bawah tanah, yang paling diperlukan adalah keahlian membuat efek bayangan.

BACA JUGA: 12 Macam Aliran Seni Lukisan yang Paling Populer di Dunia

Tanah retak

youtube.com
youtube.com

Ini adalah contoh gambar 3D dengan efek jurang yang lebih dalam. Sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya, untuk membuat efek bawah tanah, kamu harus pandai-pandai memainkan efek bayangan dan cahaya sehingga gambar benar-benar terlihat dalam.

Tinggalkan komentar