Macam-macam Senam yang Terkenal Di Seluruh Dunia

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

 

 

Senam Akrobatik

senam jenis akrobatik
pixabay.com

Senam akrobatik ini merupakan jenis senam yang sangat mengandalkan kelentukan dan keseimbangan dan memiliki gerakan yang cepat dan eksplosif, senam ini banyak biasanya memiliki gerakan-gerakan yang berbahaya seperti salto dan putaran sehingga untuk melakukan senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh Instruktur senam akrobatik.

Senam Ritmik

jenis senam ritmik
id.aliexpress.com

Senam ritmik ini adalah senam yang dilakukan dengan mengikuti tuntunan musik tertentu sehingga senam ini akan menghasilkan gerakan tubuh yang indah, biasanya senam ritmik ini menggunakan peralatan seperti pita agar menambah keindahan gerak pesenam.

Senam Trampolin

senam jenis trampolin
indonesian.alibaba.com

Senam trampolin adalah pengembangan dari suatu latihan senam yang dilakukan diatas trampolin, yaitu dengan menggunakan sejanis pemantul yang memiliki daya pantul yang sangat besar.

Senam Aerobik

macam-macam senam
olahragabagus.blogspot.com

Senam aerobikĀ adalah senam yang bertujuan supaya dapat meningkatkan kesehatan jasmani. Dalam pelaksanaannya senam aeraobik dapat dilakukan secara masal / beramai – ramai. Untuk pengklasifikasiannya senam aerobik dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya seperti,

1) high impact aerobics adalah senam aerobik dengan gerakan yang keras.

2) low impact aerobics, adalah gerakan senam aerobik dengan gerakan yang ringan.

3) discorobic, adalah senam aerobik dengan kombinasi gerakan senam keras dan ringan.

4) aerobic sport adalah senam aerobik dengan kombinasi gerakan senam ringan dan keras serta terdapatnya gerakan – gerakan kelenturan.

Senam Artistik

senam jenis artistik
www.cnnindonesia.com

Di Indonesia senam artistik muncul pertama kali pada saat ganefo ke – 1 sebuah pesta olahraga yang diadakan di jakarta tepatnya pada tahun 1963. Pada saat itu senam artistik dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga senam yang diperlombakan.

Senam Lantai

jenis senam lantai
aigc94.blogspot.com

Senam lantai sesuai dengan istilahnya merupakan senam yang dilakukan pada matras / lantai. Gerakan senam ini terdiri dari meloncat ke belakang, sikap menumpu pada tangan, berputar di udara, meloncat, keseimbangan, berguling, melompat dan lain sebagainya. Senam bisa diklasifikasikan menjadi 2 berdasarkan penggunaan alatnya. Pertama senam lantai yang menggunakan alat dan kedua senam lantai yang tidak menggunakan alat.

Diantara jenis Senam diatas terdapat satu jenis Senam yang sangat pupoler dikalangan Masyarakat yaitu Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) ini merupakan sebuah rangkaian gerakan Senam yang diiringi musik tertentu yang bertujuan unutk meningkatkan dan mempertahankan kesegaran dan kebugaran Jasmani dan Rohani. Senam SKJ ini mampu meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru secara optimal dan melenturkan Otot-otot. untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar sebaiknya senam SKJ ini dilakukan pada pagi hari sebalum melakukan Aktivitas karena dapat menjadikan badan Sehat dan Bugar.

Tinggalkan komentar