Macam Macam Anemia yang Harus Kamu Perhatikan

Penyakit anemia sebenarnya memiliki beberapa bentuk macam-macam anemia. Namun, secara singkat penyakit anemia adalah jenis yang datang dari kurangnya sel darah merah hal ini menyebabkan pengiriman oksigen ke seluruh jaringan dari bagian tubuh kamu. Kebanyakan dari orang yang menderita annemia ini akan lebih mudah merasa mudah lelah, sakit kepala dan juga jenis gejala lainnya. Untuk beberapa hal penyakit anemia ini dapat diobati dengan beberapa macam bentuk pengobatan.

Seperti halnya dengan mengkonsumsi suplemen, vitamin, zat besi atau dengan cara melakukan tranfusi darah. Namun, sebelum kamu melakukan hal itu, sebaiknya kamu harus mengetahui beberapa macam jenis penyakit anemia.

 

Anemia Defisiensi Besi

gov7.net
gov7.net

Jenis anemia yang satu ini adalah jenis yang paling umum di masyarakat. Jenis penyakit anemia ini biasanya terjadi pada kalangan wanita yang subur. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak mengahasilkan hemoglobin yang cukup untuk tubuh, serta kurangnya tingkat zat besi di dalam tubuh mereka, sehingga pada akhirnya justru menimbulkan penyakit anemia tersebut.

Anemia Pernicious

hematology.org
hematology.org

Anemia pada jenis ini juga dikenal sebagai anemia pernisiosa, yang disebabkan karena usus tidak lagi mampu untuk menyerap vitamin B12. Padahal di dalam vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kembali sel darah merah. Jenis anemia ini biasanya dialami oleh para penderita yang berusia antara 50 hingga 60 tahun.

Penyakit anemia ini juga biasanya bersifat turunan namun dalam beberap kasus lainnya menunjukkan bahwa jenis anemia ini juga disebabkan karana penyakit autoimun. Autoimun adalah gangguan dimana pada sistem kekebalan tubuh justru menyerang dan merusak jaringan pada tubuh yang sehat namun dalam keadaan tidak sengaja..

Anemia Aplastik

morindamaxidoid.com
morindamaxidoid.com

Anemia aplastik ini terjadi ketika tubuh yang kamu memiliki tidak sanggup untuk memproduksi sel darah merah kembali. Jenis anemia yang satu ini terjadi karena disebabkan oleh kerusakan pada sumsum tulang dan juga faktor dari luar manusia tersebut. Seperti halnya terpapar bahan kimia, terkena perawatan medis dan faktor fisik lainnya. Terkadang jenis penyakit anemia ini juga sulit untuk diketahui pasti penyebabnya.

Sickle Cell Anemia

http://www.newsworks.org/
http://www.newsworks.org/

Penyakit yang satu ini berada dalam kondisi herediter yang biasanya ditandai dengan bentuk sel darah merah menjadi sabit. Sel darah yang memiliki bentuk abnormal ini  pada akhirnya akan memecah menjadi lebih cepat, sehingga gejala kronis sel darah merah pun akan berkurang. Jenis penyakit anemia ini sering menyerang orang Afrika, Arab, dan juga Mediterania.

Trauma Terkait Anemia

parade.com
parade.com

Jenis penyakit yang satu ini biasanya terjadi ketika tubuh kamu memiliki kekurangan sejumlah besar bagian sel darah merah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya pada saat kamu mengalami kecelakaan, luka parah dan lain sebagainya. Pada jenis penyakit ini biasanya sel darah merah menjadi tidak mampu untuk melakukan transfer oksigen atau nutrisi menuju bagian tubuh yang lain, akibat dari berkurangnya sel darah merah tersebut.

Anemia Kekurangan Asam Folat

http://www.rajanego.co.id/
http://www.rajanego.co.id/

Pada jenis anemua ini ditandai dengan berkurangnya asam folat. Asam foat merupakan salah satu dari kelompok vitamin B (B9), di dalam darah. Jenis anemia ini biasanya disebabkan oleh asupan asam folat yang kurang cukup. Anemia ini biasanya dapat kamu temukan pada sayuran, namun asam folat dapat hilang jika sayuran dimasak terlalu matang. Konsumsi alkohol juga dapat menjadi berkurangnya asam folat.

Oh iya, anemia ini juga sering terjadi pada masa kehamilan, dimana asam folat lebih banyak didistribusikan untuk kebutuhan kandungan. Gangguan atau kelainan darah juga dapat menjadi penyebab berkurangnya kandungan asam folat di dalam darah sehingga dapat memicu anemia jenis ini.

Tinggalkan komentar