5 Macam Galaksi yang Ada di Jagad Raya

Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk satu susunan tertentu yang konsentrasi ke suatu pusat. Umumnya galaksi terbentuk dari 10 juta sampai 10 triyun bintang, oleh karena itu jarak antara galaksi satu ke galaksi lain mencapai ribuan hingga ratusan ribu tahun cahaya.

Di jagad raya ini ada banyak sekali galaksi yang terbentang luas. Dari hasil penelitian diperkirakan galaksi yang ada berjumlah satusan miliar. Itu belum termasuk yang tidak dapat dilihat karena jaraknya yang luar biasa jauh.

Dari sekian banyak galaksi tersebut mari kita bahas beberapa diantaranya.

1. Galaksi Bimasakti

Galaksi Bimasakti ditemukan pada tahun 1783 oleh astronom dari Inggris yang bernama William Hershel. Galaksi Bimasakti terdiri atas 400 miliar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya. Bumi tempat kita berada adalah salah satu planet yang berada di galaksi Bimasakti.

2. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan mempunyai jarak sekitar 150.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Bagian kabut Galaksi Magellan telah terjebak oleh perangkap Galaksi Bimasakti sehingga masuk kedalam gugus Bimasakti.

3. Galaksi Andromeda

Jarak galaksi Andromeda sekitar 2 juta tahun cahaya dari galaksi Bimasakti. Galaksi ini berbentuk lilin atau lensa, sehingga termasuk dalam galaksi bentuk spiral. Galaksi Andromeda mempunyai inti yang sangat terang dan dikelilingi bintang-bintang berwarna merah jambu.

galaksi andromeda
nurfajrian.wordpress.com

4. Galaksi Sombrero

Galaksi Sombrero dikenal juga dengan nama M104 atau NGC 4594. Galaksi ini berjarak sekitar 28 juta tahun dari galaksi Bimasakti. Seperti galaksi Andromeda, galaksi Sombrero juga memiliki inti yang sangat terang.

5. Galaksi Supernova

Galaksi Supernova memiliki nama lain 1987A. Di dalam Galaksi Supernova terdapat cincin dan lusinan boda terang. Selain itu di galaksi Supernova terdapat satu pecahan bintang yang paling terang yang berusia sekitar 400 tahun.

Demikian 5 macam galaksi yang ada di jagad raya. Semoga bisa menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar