Macam-macam Ideologi dan Ciri-cirinya

MACAM-MACAM IDEOLOGI РIdeologi bisa disebut sebagai suatu gagasan, pemikiran, atau pemahaman. Ideologi juga bisa dianggap sebagai visi yang komperhensif sebagai cara seseorang dalam memandang segala sesuatu secara umum.

Macam-macam Ideologi

macam-macam ideologi
sumber: Jabarnews.com

Di dunia yang luas ini terdapat banyak sekali ideologi-ideologi, bahkan menurut survei tiap tahunnya bertambah, baik ideologi yang lurus ataupun menyimpang.

Komunisme

Komunisme merupakan suatu pemahaman yang mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan golongan dan pribadi, paham ini juga menyatakan semua hal dan sesuatu yang berada di suatu negara dikuasai secara mutlak oleh negara tersebut.

Kapitalisme

Kapitalisme merupakan paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya dengan tujuan untuk meraih laba sebesar-besarnya.

Liberalisme

Liberalisme merupakan sebuah pemahaman, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasari pada pemahaman bahwa kebebasan itu merupakan nilai politik yang utama.

Fasisme

Fasisme adalah sebuah pemahaman politik yang mengangkat tinggi kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Di dalam paham ini terdapat nasionalisme yang begitu fanatik dan otoriter begitu transparan.

Anarkisme

Anarkisme adalah paham yang meyakini bahwa semua negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya merupakan kumpulan lembaga yang menumbuhsuburkan penindasan pada kehidupan, oleh karena itu negara, pemerintahan, serta perangkatnya hasrus dihancurkan atau dihilangkan.

Sosialisme

Paham yang mempunyai tujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif dan membatasi milik perorangan.

Konservatisme

Di dalam paham ini terdapat beberapa unsur antara lain:

  • Inti pemikiran.
  • Mempunyai filsafat yaitu perubahan tidak selalu berarti kemajuan.
  • Adanya landasan pemikiran yaitu pada dasarnya manusia lemah dan terdapat¬†evil intinct and desires.
  • System pemerintahannya (boleh): Demokrasi, otoriter.

Pancasila

Pancasila ini merupakan sebuah ideologi negara Indonesia, isi dari pancasila ada 5 yaitu:

  1. Ketuhanan yang maha esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demokrasi

Demokrasi ini mempunyai arti hukum untuk rakyat oleh rakyat. Kata tersebut berawal dari kata demos (rakyat) dan kratos (kekuasaan) jika digabung bermakna kekuasaan di tangn rakyat.Seorang ilmuan Aristoteles menjelaskan bahwa terdapat 3 macam pemerintahan yaitu: Kerajaan, aristokrasi, republik, atau rakyat yang memegang sendiri kendali urusannya.

Tinggalkan komentar