Macam macam Paragraf beserta Pengertian dan Penjelasannya

MACAM MACAM PARAGRAF – Paragraf merupakan suatu susunan dari kalimat-kalimat yang terjalin utuh yang mana di dalamnya mengandung makna dan memiliki gagasan utama. Paragraf sendiri ada bermacam-macam diantaranya yaitu paragraf argumentasi, eksposisi, persuasif, narasi, dan paragraf deskripsi.

Pada artikel ini akan menjelaskan tentang macam-macam paragraf tersebut beserta pengertian dan penjelasannya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu dari macam-macam paragraf tersebut.

Macam macam Paragraf dan Penjelasannya

macam macam paragraf
Sumber: contohparagraf.net

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa paragraf terbagi lagi menjadi bermacam-macam paragraf. Di artikel ini akan membahas paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, persuasif, paragraf, dan paragraf deskripsi.

Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan jenis paragraf yang memiliki tujuan untuk membuktikan suatu hal melalui pengamatan, penelitian, analisa atau juga sintesis. Secara sederhananya, karangan ini memiliki arti suatu karangan yang memberikan suatu alasan yang kuat. Biasanya disertakan suatu data dan bukti-bukti fakta yang diterima dari semua pihak.

Paragraf Eksposisi

Paragraf ini merupakan suatu paragraf yang memiliki tujuan untuk menginformasikan suatu hal yang akan menambah pengetahuan bagi pembaca. Paragraf ini memiliki sifat yang ilmiah atau nonfiksi. Pada umumnya paragraf ini ditulis berdasarkan sumber dari suatu pengamatan atau penelitian dan bisa juga pengalaman.

Paragraf eksposisi terbagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu eksposisi definisi, proses, klasifikasi, ilustrasi, perbandingan/pertentangan, dan eksposisi laporan.

Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif yaitu suatu pargaraf yang memiliki isi dengan tujuan mengambil perhatian pembaca. Oleh karena itu, paragraf ini biasanya disajikan semenarik mungkin supaya bisa meyakinkan dan pembaca benar memperhatikan dengan benar. Biasanya gagasan yang dimuat merupakan suatu yang penting.

Sehingga terkadang paragraf ini sering dijadikan suatu paragraf propaganda oleh lembaga-lembaga resmi seperti lembaga kesehatan dan pemerintahan. Paragraf ini bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu persuasi politik, pendidikan, advertensi, dan propaganda.

Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan suatu paragraf atau karangan yang berisi tentang suatu peristiwa, yang disusun berdasarkan urutan waktu kejadian peristiwa. Peristiwa yang dimaksud bisa merupakan cerita nyata ataupun khayalan. Contohnya seperti novel, cerpen, baik cerpen tentang pendidikan maupun cerpen lainnya seperti cerpen lucu.

Paragraf narasi dibagi menjadi bermacam-macam jenis, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Ekspositoris merupakan paragraf narasi yang bersifat informatif, sedangkan sugestif yaitu bersifat merangsang pembaca.

Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi yaitu suatu paragraf dengan gagasan utamanya melukiskan suatu objek yang ditulis dengan kata-kata yang bisa merangsang indra pembaca. Dalam artian, penulis ingin menyampaikan suatu melalui tulisan namun pembaca bisa ikut merasakan, melihat apa isi dari tulisan yang dibaca.

Demikian informasi pada artikel ini tentang macam macam paragraf, di antaranya yaitu paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, paragraf persuasif, paragraf narasi, dan paragraf deskripsi. Itu saja informasi tentang macam-macam paragraf, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar