Faktor Penyebab dan Macam-macam Jenis Phobia

Ketakutan yang berlebihan pada suatu benda dan juga terhadap tempat-tempat yang tidak sesuai dengan kenyataan disebut dengan phobia. Kata phobia berasal dari (phobi) yang berarti takut atau cemas. Penderita phobia ini lebih sering terjadi pada kaum muda-mudi bahkan juga orang tua.

Namun hampir sepenuhnya diderita oleh kalangan remaja. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Bisanya phobia di awali dari sebuah tanda rasa takut yang berlarut. Phobia terbagi menjadi tiga bagian diantaranya, phobia sederhana, phobia sederhana, phobia kompleks. Apa saja yang menjadi penyebab phobia? Yuk simak.

Macam-macam Phobia
www.steveseay.com

Phobia bisa disebabkan dari hal apapun. Biasanya phobia lebih sering terjadi karena terlalu sering mengalami rasa takut yang luar biasa. Bisa juga memiliki pengalaman pribadi yang disertai rasa bersalah yang sangat membekas di dalam jiwa, atau kejadian trauma sejak berusia anak-anak.

Namun bagaimana seandainya orang yang mengalami phobia tapi tidak pernah mengalami trraumatis di dalam dirinya sejak masih kecil? Dalam teori Martin Seligman yaitu dikenal dengan istilah biological preparedness menyebutkan bahwa, rasa takut yang berat mungkin saja pernah dialami oleh nenek moyangnya.

Yang penting untuk diketahui adalah phobia seringkali disebabkan oleh faktor keturunan, bisa juga dari faktor lingkungan dan kebudayaan.Ketahui juga bahwa phobia yang paling membahayakan yaitu anciety neurosa. Jenis phobia ini akan membuat sipenderita secara terus menerus merasa takut yang sangat berlebihan tanpa didasari rangsangan atau faktor apapun.

Sekian penjelasan tentang  faktor penyebab dan macam-macam phobia menurut satu jam. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Satu pemikiran pada “Faktor Penyebab dan Macam-macam Jenis Phobia”

Tinggalkan komentar