Macam-macam Vitamin dan Fungsinya

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa yang menyebabkan organ tubuh senantiasa bergerak berotasi sesuai fungsinya. Demi menjaga fungsinya tersebut, tubuh memerlukan asupan yang dinamakan vitamin. Vitamin-vitamin inilah yang nantinya akan memperkuat fungsi tubuh.

Selain memperkuat fungsi tubuh, vitamin juga berfungsi sebagai zat yang terus memasok energi di setiap organ. Ya, organ tubuh seperti mesin yang harus diberi pelumas, dan pelumasnya adalah vitamin.

fungsi vitamin

Baiklah, mari kita bahas garis besar macam-macam vitamin beserta fungsinya bagi tubuh;

  1. Vitamin A

Vitamin A (retinol) memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk memperkuat daya tahan tubuh. Mulai dari penyakit malaria hingga penyakit-penyakit kronis lainnya.  Vitamin A sendiri juga sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil guna mengoptimalkan pertumbuhan janin.

  1. Vitamin C

Vitamin C atau yang sering disebut Asam Askorbat sangat berfungsi untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, jantung, diabetes mellitus hingga hipertensi. Vitamin C juga digunakan sebagai pelindung tubuh dari infeksi racun.

  1. Vitamin D

Vitamin D (kalsiferol) memiliki fungsi untuk memperkuat tulang dan gigi. Maka fungsi Vitamin D adalah membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor.

  1. Vitamin E

Vitamin E atau yang sering disebut tokoferol memiliki fungsi yang tak kalah hebat. Vitamin E lebih berfokus pada peran penting saat proses reproduksi dan mencegah penyakit kanker paru-paru.

Demikianlah 4 macam vitamin beserta fungsinya. Semoga menjadi wawasan Anda dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Tinggalkan komentar