Makan yang Baik

Makan merupakan kebutuhan manusia. Kekurangan makan akan mengakibatkan kelaparan bahkan dapat berujung pada kematian. Sebaliknya kelebihan makan juga dapat berbahaya bagi tubuh manusia karena makanan yang tertimbun dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Makan yang sehat adalah makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan gizi. Berikut akan disarankan beberapa cara makan yang baik lagi menyehatkan.

Pagi hari

Pertama, Gunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Organ tubuh tersebut merupakan organ yang sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.

Buka menu sarapan Anda dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

Siang Hari

Menjelang siang, konsumsi tujuh butir kurma matang agar Anda terlindungi dari racun. Kemudian lanjutkan dengan memakan makanan pokok seperti roti. Campur roti Anda dengan cuka atau minyak zaitun. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

Malam Hari

Makanlah sayur-sayuran sebagai menu utama. Sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.

Jangan langsung tidur setelah makan malam. Lakukan aktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang Anda konsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Makanan Tambahan

Selain menu wajib di atas, ada beberapa makanan yang baik Anda konsumsi. Campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak. Buah labu air juga baik karena terbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian, buah anggur dan susu.

Pola makan ini seirama dengan siklus pencernaan tubuh manusia yang oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis). Selain itu, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk tidak dikombinasikan untuk dimakan secara bersama-sama. Makanan-makanan tersebut antara lain:

Hindari minum susu bersama makan daging.
Hindari makan ayam bersama minum susu.
Hindari makan ikan bersama telur.
Hindari makan ikan bersama daun salad.
Hindari minum susu bersama cuka.
Hindari makan buah bersama minum susu

Demikian, uraian tentang cara makan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar