Makanan Ini Terbukti Secara Ilmiah dapat Berperan Sebagai Anti Galau

Galau adalah sebuah kondisi dimana suasana hati tidak baik karena berbagai hal. Mungkin kejadian buruk, tersinggung kata-kata orang lain, tertohok status sosial media teman, atau berbagai sebab lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengobati galau. Diantaranya menulis puisi, bernyanyi di tempat karaoke sampai puas, menangis setelah sholat, dan lain-lain. Salah satu cara pelampiasan hati galau adalah banyak memakan sesuatu.

Kamu harus berhati-hati dengan cara pelampiasan galau satu ini. Jangan sampai menjatuhkan pilihan pada junk food seperti mie instan, kentang goreng, burger, dan lain-lain.

Selain menyebabkan kenaikan berat badan yang tak terkendali, makanan ini juga berpotensi menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, dan lain-lain.

Beberapa makanan di bawah ini telah terbukti secara ilmiah berperan sebagai anti galau.

Buah-Buahan Kaya Vitamin C

designkedai.blogspot.com

Vitamin C dapat menurunkan level cortisol. Cortisol adalah hormon stress yang dilepaskan tubuh saat dalam kondisi mood negatif.

Vitamin C dalam dosis tinggi bisa meredakan stress dan mengurangi jumlah cortisol yang dilepaskan tubuh. Namun vitamin C dosis tinggi dalam bentuk suplemen tentu tidak baik untuk kesehatan.

Kinerja ginjal menjadi lebih berat. Selain itu bahan-bahan kimia dalam suplemen juga dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan.

Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi berbagai buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi. Beberapa buah-buahan tersebut diantaranya jambu biji, lemon, jeruk, dan mangga.

Selain mendapatkan vitamin C, kamu juga merasakan kesegaran dari buah-buah ini.

Pisang Raja

www.sunpride.co.id

Ada beberapa orang yang mudah marah, terganggu, dan kesal hanya karena hal-hal kecil. Orang yang mengalami gejala seperti ini bisa jadi disebabkan kekurangan hormon serotonin.

Hormon serotonin memiliki fungsi mengontrol rasa marah. Saat tubuh kekurangan hormon serotonin, otak tidak mampu mengontrol emosi. Namun jika kadar hormon serotonin normal, maka emosi dapat stabil.

Pisang raja diketahui dapat menstimulasi agar kadar hormon serotonin dalam tubuh kembali normal.

Coklat Hitam

www.reps-id.com

Coklat hitam disukai banyak orang dewasa. Selain rasanya yang enak, coklat hitam juga mengandung magnesium tinggi. Magnesium merupakan mineral yang berperan menenangkan otot-otot dan mengurangi kecemasan.

Selain itu coklat hitam juga mengandung tryptophan yang membantu mengurangi gejala depresi.

Salmon

www.fresh.my.id

Salmon dan ikan-ikanan pada umumnya mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 dapat berperan melawan depresi dan merubah suasana hati menjadi lebih baik.

Manfaat lain dari omega 3 adalah meningkatkan kecerdasan otak terutama pada anak-anak. Memori otak meningkat dan juga dapat membantu pikiranmu lebih fokus.

Teh Hijau

www.ayobuka.com

Pernahkah kamu menyeduh teh hijau hangat untuk menemanimu menghabiskan sore seorang diri. Kamu tentu mendapatkan kesegaran dan ketenangan sehingga dapat berpikir lebih jernih.

Saat pikiranmu jernih, keputusan yang kamu ambil tentu lebih bijaksana. Teh hijau ternyata juga mengandung theanine yaitu antioksidan yang dapat berperan sebagai penenang.

Meskipun dapat membantu mengendalikan emosi dan menyetabilkan suasana hati, namun kamu tetap tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan ini dalam jumlah terlalu banyak.

Makanan apapun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Konsumsi makanan tersebut dengan keyakinan dapat membantumu mengendalikan suasana hati. Jangan mengkonsumsinya dengan emosi meledak sehingga memakan dengan jumlah tak terkendali.

Pengendali galau yang terbesar sebenarnya dirimu sendiri. Berpasrahlah kepada Sang Pencipta dengan sebenar-benarnya pasrah. Ambilah air wudzu dan dirikan sholat sunnah. Berdoa dan mengadulah hanya kepada Allah.

Lanjutkan dengan membaca surat cinta Allah dalam Al Qur’an. Maka hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

Tinggalkan komentar