Aneka Makanan Lezat Berbahan Dasar Cumi

Lauk yang sering disajikan masakan rumahan adalah tahu, tempe, daging ayam, ikan lele, ikan nila, dan beberapa ikan laut lainnya. Variasikan lauk keluargamu dengan menyajikan olahan makanan berbahan dasar cumi-cumi.

Hewan yang berasal dari laut ini dapat berperan sebagai penyumbang protein keluargamu tercinta. Cumi-cumi dapat dimasak menjadi berbagai oalahan makanan yang lezat.

Berikut ini beberapa inspirasi olahan makanan berbahan dasar cumi-cumi

1

Cumi Hitam Pedas

www.1001resepmasakan.com

Siapkan 800 gram cumi-cumi yang di kupas kulit arinya. Jangan membuang kantong tinta yang ada pada cumi-cumi. Masukan kepala cumi-cumi ke dalam badannya dengan dikuatkan menggunakan tusuk gigi.

Siapkan bumbu-bumbu diantaranya cabai rawit sesuai selera, serai 1 batang yang dimemarkan, daun salam 2 lembar, daun jeruk 4 lembar, air bersih 50 ml, garam ½ sendok teh, gula pasir ¼ sendok teh, minyak goreng 1 sendok makan, bawang merah 6 siung, bawang putih 3 siung, kemiri yang sudah di sangrai 4 buah, kunyit yang di bakar 1 buah, dan jahe 2 cm.

Tumislah bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan kunyit ke dalam minyak panas sampai tercium aroma harum. Kemudian tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai. Tumislah sampai kembali tercium aroma harum.

Masukan cumi-cumi ke dalam penggorengan. Jangan lupa untuk menambahkan irisan cabai. Masaklah sampai cumi-cumi berubah warnanya menjadi hitam. Tambahkan air, garam, dan gula.

Sebelum diangkat, koreksi rasa dengan mencicipinya.

2

Cah Cumi Brokoli

www.budiboga.blogspot.com

Siapkan bahan-bahan diantaranya 150 gram brokoli yang diiris sesuai cabangnya, 150 gram cumi-cumi yang sudah di potong, 100 gram bakso ikan yang dipotong-potong, 50 gram jamur kancing yang dibelah empat, 60 gram wortel di potong dadu, 200 ml air kaldu ayam, 2 sendok teh tepung maizena, dan 2 sendok makan minyak goreng.

Adapun bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya 4 siung bawang putih dicincang, 2 siung bawang bombay dicincang, 1 sendok makan saus tiram, ¼ sendok teh lada halus, dan 1 sendok teh garam halus.

Cara memasaknya yang pertama adalah menumis bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma harum. Masukan cumi ke dalam penggorengan. Aduklah sampai cumi berubah warna.

Tambahkan air kaldu, bakso, wortel, jamur kancing, dan brokoli. Aduk semua bahan-bahan sampai tercampur merata. Tambahkan lada, garam, kecap asin, dan saus tiram.

Tambahkan larutan tepung maizena sebagai pengental. Masaklah sampai semua bahan matang. Cah cumi brokoli siap disajikan untuk keluarga.

3

Pepes Cumi Bakar

www.enter-tisha.blogspot.com

Resep cumi-cumi yang ketiga sedikit berbeda. Tak seperti 2 resep sebelumnya yang dimasak dengan cara di tumis, resep ketiga diolah dengan di bakar. Siapkan 1 Kg cumi tinta yang sudah dibersihkan serta kemangi sebagai bahan utamanya.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 ruas rempah kunci, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, cabe besar sesuai selera, cabe rawit sesuai selera, garam secukupnya, dan gula secukupnya.

Siapkan juga daun pisang sebagai pembungkus pepes cumi.

Cara memasaknya dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, kunci, jahe, kunyit, dan semua cabai. Bumbu halus ini kemudian di tumis menggunaka minyak panas dengan ditambahkan kemangi. Tumis semua bahan sampai tercium aroma wangi.

Masukan cumi-cumi ke dalam penggorengan. Koreksi rasa cumi-cumi dengan mencicipinya. Biarkan dingin selema beberapa saat.

Kemudian bungkuslah tumisan cumi menggunakan daun pisang. Jangan lupa untuk menambahkan daun kemangi yang masih segar. Bakar di atas penggorengan sampai matang. Pepes cumi bakar siap disajikan untuk semua anggota keluarga.

Tinggalkan komentar