Makanan dan Minuman Penyebab Osteoporosis

Salah satu gangguan kesehatann yang banyak dialami oleh manusia di usia lanjut adalah pengikisan tulang. Penyakit yang dalam ilmu kedokteran disebut osteoporosis ini terjadi karena masa tulang berkurang atau terkikis tanpa merubah bentuknya. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya karena kekuatan tulang akan menurun dan menjadi rapuh.

Sebenarnya penyakit pengikisan tulang atau osteoporosis bisa menyerang siapa saja di semua usia. Hanya saja presentase penderita lebih banyak dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Wanita lebih rentan terkena penyakit ini karena berhubungan dengan hormon estrogen dan faktor menopause. selain itu wanita memiliki struktur tulang yang lebih tipis dan kecil dibanding pria.

Pada wanita yang sudah menopause tingkat hormon estrogennya akan turun. Padahal hormon ini berfungsi untuk melindungi tulang dan mempertahankan remodeling atau peremajaan tulang. Selain itu asupan kalsium yang kurang serta jarang berolahraga juga bisa menjadi penyebab kekuatan tulang berkurang. Berikut adalah sejumlah minuman dan makanan yang dapat menyebabkan pengikisan tulang pada tubuh anda.

 

Minuman Bersoda

kidnesia.com
kidnesia.com

Minuman pengikis tulang yang pertama adalah soda atau minuman yang mengandung soda. Soda tidak memiliki kandungan gizi selain kalori dan gula yang tinggi. Sebagian besar minuman soda mengandung 250kalori/100mg sehingga cenderung mengakibatkan kenaikan berat badan. Minuman bersoda lebih banyak mengandung asam fosfor yang menciptakan sensasi kesegaran dan gelembung udara. Namun justru kandungan inilah yang dapat menggerogoti tulang.

Asam fosfor pada minuman ini akan meningkatkan laju ekspresi kalsium melalui urin. Kondisi ini tentunya akan mengurangi asupan kalsium secara keseluruhan pada tubuh. Jika konsumsi minuman bersoda dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, maka tulang akan makin rapuh seperti pori-pori yang berlubang. Selain osteoporosis kebiasaan minum minuman bersoda juga akan menyebabkan radang sendi dan memiliki kepadatan tulang yang rendah.

Kafein

Kafein
thebestfactor.com

Minuman kopi yang mengandung kafein tinggi dianggap bisa memberikan suntikan energi kepada seseorang. Rasa kantuk, pusing dan sakit kepala, konon bisa hilang dengan minum kopi. Namun anda juga harus tau jika terlalu banyak atau kecanduan kopi sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menyebabkan pengikisan tulang atau osteoporosis.

Meski cenderung terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat osteoporosis, namun mereka yang masih muda tetap harus mewaspadainya. Kafein dapat melarutkan kalsium dalam tulang dan melemahkan fungsinya. Sekitar 6 mg kalsium akan hilang setiap kali seseorang mengkonsumsi 100 mg kafein.

Terlebih lagi jika ditambahkan gula yang akan memberikan efek merugikan bagi tulang. Jika seseorang mengkonsumsi kafein berlebihan maka kondisi tersebut bisa menarik kalsium langsung ke pembuangan urin tanpa diserap oleh tubuh. Inilah yang menjadi awal penyebab tulang menjadi kekurangan kalsium.

Asupan makanan seharusnya menjadi energi dan nutrisi bagi tubuh. Namun karena adanya kafein nutrisi tersebut menjadi susah terserap tubuh. Padahal seseorang rata-rata membutuhkan 100 mg nutrisi untuk menjalani aktifitas harian. Namun banyak orang yang belum menyadari akan hal tersebut.

Kacang

vemale.com
vemale.com

Kacang banyak mengandung protein, magnesium, serat dan nutrisi lainnya. Namun makanan yang enak disantap saat santai ini juga memiliki kandungan zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia sehingga mengganggu tubuh untuk menyerap kalsium dalam kacang-kacangan. Namun demikian anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

Jika ingin aman dan kacang tidak memberikan dampak negatif untuk kesehatan tulang, maka anda bisa mengurangi tingkat asam fitat dengan merendam kacang selama beberapa jam dan kemudian memasaknya dengan menggunakan air tawar. Kacang juga dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki kandungan vitami E tinggi.

Kelebihan kandungan vitamin E tersebut bisa menyebabkan keroposnya tulang dalam tubuh, namun anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanya terjadi pada mereka yang mengkonsumsi kacang secara berlebihan.

Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Garam
youtube.com

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi memang bisa menyebabkan obesitas. Namun demikian diet dengan pola makan tinggi garam juga berisiko terhadap gangguan kesehatan seperti batu ginjal dan osteoporosis. Baik sodium maupun kalsium diatur oleh molekul yang sama di dalam tubuh. Saat kadar sodium terlalu tinggi maka tubuh akan mengeluarkannya melalui urin.

Pada proses tersebut kalsium yang terdapat di dalam tubuh ikut dikeluarkan. Kondisi ini bisa berakibat habisnya persediaan kalsium di dalam tubuh. Tingginya kadar kalsium di dalam urin juga dapat memicu pertumbuhan batu ginjal. Sementara kurangnya kalsium menyebabkan pengikisan tulang atau osteoporosis.

Saat tubuh mencoba mengurangi kadar sodium melalui urin maka secara otomatis tubuh juga mengurangi kadar kalsium secara bersamaan. Semakin banyak sodium yang dikonsumsi maka semakin banyak pula kalsium yang terbuang. Hal ini tentunya memperkuat alasan akan pentingnya diet rendah sodium dan pentingnya memilih makanan olahan dengan kadar sodium rendah.

Itulah sejumlah makanan dan minuman yang bisa menyebabkan osteoporosis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga anda bisa menjalani hidup dengan pola yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar