Kamu Susah Tidur? Coba deh Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Bagi anak muda seperti kamu, sering mungkin melek hingga larut malam. Mungkin buat ngerjain tugas atau cuma sekedar nongkrong aja. Padahal, suka begadang sampai mengorbankan waktu tidur jelas bukan perilaku bijak. Memang efeknya belum begitu terasa saat kita muda, tapi kalau usia kita mulai beranjak tua, efek dari kurang tidur itu mulai terasa. Bisa naik berat badan, kulit terlihat cepat tua, dan memburuknya kondisi kesehatan seperti terkena stroke hingga tekanan darah tinggi.

Mungkin ada yang beralasan susah tidur karena mengaku menderita insomnia. Jadinya mata susah untuk dipejamkan saat ingin tidur. Tapi insomnia itu bisa diatasi. Salah satu caranya dengan memilih menu makanan dan minuman yang tepat sebelum waktu tidur. Mengkonsumsi makanan dan minuman ini bisa membantu untuk melakukan stimulasi kantuh pada tubuh. Sehingga perlahan mata kita pun akan terkantuk-kantuk dan bisa tidur dengan nyenyak.

Kamu mau tahu makanan dan minuman apa saja yang perlu kamu pilih untuk menu makan malam nanti?

 

Kangkung

saungingkung.com
saungingkung.com

Makan kangkung sangat dianjurkan untuk mengundang hawa kantuk datang. Karena di dalam kangkung terdapat senyawa sedative yang berfungsi menenangkan. Sehingga orang yang memakan kangkung pun akan merasa lebih rileks. Jika dimakan di waktu malam hari, efeknya akan mulai terasa sekitar satu jam kemudian. Apalagi kalau makanmu lumayan banyak, bisa cepat rasa kantuk itu tiba.

Nah, jadi coba deh untuk menu makan malam nanti makan kangkung. Kalau bisa masak sendiri lebih baik, tapi jika tidak kamu bisa beli cah kangkung yang banyak dijual di warung-warung pinggir jalan. Makan pelan-pelan dan nikmati hingga akhirnya kangkung itu ludes berpindah ke dalam perutmu. Setelah itu tunggulah efeknya beberapa waktu kemudian. Kalau sudah mulai mengantuk, tak perlu ditahan-tahan lagi. Langsunglah menuju ranjang dan tidurlah.

Makan Ikan Laut

lontaradhygita.wordpress.com
lontaradhygita.wordpress.com

Beberapa ikan laut bisa membantu kita untuk lebih mudah mengantuk, seperti misalnya ikan tuna. Karena mengandung triptofan, salah satu asam amino penyusun protein yang dibutuhkan tubuh. Efeknya, bisa membuat kita lebih mudah mengantuk setelah memakannya. Apalagi kalau itu dibarengi dengan makan nasi sebakul. Kombinasi antara ikan laut dan nasi akan membuat perut kita kenyang dan akhirnya jadi ngantuk.

Oh ya, bukan hanya ikan laut saja sebenarnya yang bisa kamu konsumsi agar ngantuk. Tapi udang boleh juga kamu tambahkan.

Susu Cokelat Hangat

womenswellnessyork.co.uk
womenswellnessyork.co.uk

Susu cokelat adalah minuman sempurna jelang waktu tidur. Sebab kalsium yang ada di dalamnya bisa membuat sistem syaraf kita jadi lebih tenang. Apalagi dengan suhunya yang hangat, rasanya bisa sedikit menyegarkan badan. Nah, kalau kamu memang selama ini mengaku sulit tidur, coba biasakan sebelum tidur untuk minum susu coklat hangat. Setelah habis kamu tenggak minuman ini, lalu berbaringlah, matikan lampu kamar, angkat selimut dan bye bye… selamat tidur ya.

Minum Teh Jeruk Nipis atau Teh Chamomile

institutefornaturalhealing.com
institutefornaturalhealing.com

Teh chamomile adalah teh herbal yang banyak dipercaya bisa menyembuhkan sakit pada perut, peradangan pada bagian susu sekaligus sebagai obat penenang. Kamu bisa minum teh chamomile ini sebelum tidur. Sajikan hangat pasti nikmat. Jika kamu merasa kesulitan menemukannya, kamu bisa buat teh jeruk nipis. Minum dalam keadaan hangat dan setelah itu berangkatlah untuk tidur.

Makan Apel

Buah Apel (Apple) Merah
wallpaper-kid.com

Kalau kamu termasuk orang yang suka ngemil, sebaiknya sediakan bahan makanan sehat seperti buah apel. Jadi misalkan sebelum waktu tidur perutmu merasa lapar, kamu bisa menyantap apel itu. Apel bisa menstimulasi serotonin pada tubuh yang pada akhirnya membuat badan kita rileks dan ngantuk

Tinggalkan komentar