in

30 Makanan untuk Darah Rendah [Wajib Dikonsimsi]

Makanan untuk darah rendah sangat penting dikonsumsi bagi penderita hipotensi (tekanan darah rendah) dan anenima sebab selain menjaga daya tahan tubuh juga untuk menjaga produktivas dari dalam kehidupan sehari-hari.

Kita dapat mengenali penyakit hipotensi dari gejala yang sering dirasakan, seperti ketika bangkit dari duduk merasakan pusing, merasa mudah letih dan lesu. Nah, cara yang paling murah dan mudah untuk mengobati hipotensi dan anemia adalah mengkonsumsi makanan untuk darah rendah. Apa saja itu? Yuk, kita bahas satu per satu.

Nutrisi yang Diperlukan untuk Menambah Darah

Nutrisi yang baik untuk penambah darah
santeaio.com

Sebelum kita membahas apa saja makanan untuk darah rendah, alangkah baiknya jika kita mengetahui nutrisi atau kandungan apa saja yang diperlukan bagi tubuh. Berikut akan diurakan 8 nurtisi utama yang diperlukan bagi penderita hipotensi dan anemia.

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B Kompleks
  3. Vitamin C
  4. Zat Besi
  5. Asam Folat
  6. Vitamin B-12

Makanan untuk Darah Rendah dari Buah

buah cherry untuk makanan darah rendah
chonhata.com

Ada cukup banyak makanan untuk darah rendah yang berasal dari buah-buahan. Jadi kamu bisa membuat variasi makanan agar tidak mudah bosan. Selain itu, kandungan nutrisinya juga sangat cepat untuk menaikkan dan memproduksi sel darah merah. Inilah daftar buah untuk penambah darah:

  1. Kurma
  2. Kismis
  3. Labu
  4. Jeruk Mandarin
  5. Tebu
  6. Cherry
  7. Blewah
  8. Delima
  9. Sirsat
  10. Alpukat
  11. Anggur
  12. Kiwi
  13. Sukun
  14. Kesemek
  15. Buah Naga
  16. Pisang
  17. Strawberry
  18. Pepaya
  19. Apel
  20. Jambu Biji
  21. Mangga
  22. Tomat
  23. Jeruk

Mungkin ada jenis buah yang belum disebutkan dalam keterangan di atas. Yang perlu diketahui hampir semua buah yang mengandung vitamin A baik untuk penderita hipotensi dan anemia.

Makanan untuk Darah Rendah dari Sayuran

sarapan dengan menu sehat
konsultankolesterol.com

Di Indonesia sangat mudah untuk mendapatkan berbagai jenis sayur, karena memang iklim tropis dan tananhnya yang subur sangat cocok bagi para petani. Namun ada beberapa sayur yang memiliki manfaat sebagai penambah darah, diantara sebagai berikut:

  1. Kentang
  2. Brokoli
  3. Bayam
  4. Sawi
  5. Lobak
  6. Kacang Merah
  7. Bayam
  8. Kol
  9. Kacang Panjang
  10. Kacang Hijau
  11. Kacang Polong
  12. Ubi
  13. Daun Singkong

Brokoli memiliki kandungan berupa vitamin C yang bisa untuk menangkal radikal bebas dan sekaligus meningkatkan keebalan tubuh. Tidak hanya itu, terdapat juga zat besi dan protein nabati yang bisa meningkatkan sel darah merah.

Sedangkan bayam mengandung kalium, sodium rendah dan zat besi yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol aliran darah agar tetap lancar dan melemaskan pembuluh darah.

Jadi buat kamu yang penderita penyakit anemia dan hipotensi jangan bosan-bosan ya mengkonsumsi sayuran yang sudah dijelaskan di atas.

Makanan untuk Darah Rendah dari Hewan

Daging untuk penambah darah
ahlikolesterol.com

Daging dan beragam jenis ikan laut sudah terkenal di kalangan masyarakat sebagai makanan untuk darah rendah yang sangat ampuh dan efektif. Kamu bisa memasukkan daftar makanan ini ke dalam list mingguan atau bulanan yang harus kamu konsumsi, diantaranya:

  1. Daging Sapi
  2. Daging Kambing
  3. Daging Kerbau
  4. Daging dan Hati Ayam
  5. Ikan
  6. Kerang
  7. Telur
  8. Susu

Makanan untuk Darah Rendah dari Kacang-kacangan

kacang almond untuk memutihkan kulit
merdeka.com

Kacang-kacangan tergolong makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Makanan ini baik juga dikonsumsi oleh penderita hipotensi dan anemia karena mengandung zat besi mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dengan cukup cepat. Jenis kacang tersebut antara lain:

  1. Buncis
  2. Kacang Merah
  3. Kacang Panjang
  4. Kacang Hijau
  5. Kacang Almond

Lengkap sudah daftar makanan yang efektif sebagai penambah darah, mulai dari buah, sayur, daging dan kacang-kacangan. Tentunya kombinasi dari itu semua diharapkan bisa mengurangi, meningkatkan produktivitas dan bahkan mengobati bagi penderita anemia dan hipotensi. Selamat Mencoba!!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan untuk Penderita Diabetes

7 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sangat Direkomendasikan

cara bertayamum

Cara Bertayamum Yang Benar dan Baik Untuk Orang Sakit