Makanan Fermentasi Itu Apa Sih? Inilah Beberapa Hal Mendasar Tentang Fermentasi

Konsep dan praktik tentang makanan fermentasi telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Ilmu fermentasi ini adalah salah satu ilmu tertua dalam pengetahuan manusia. Meskipun mungkin tidak banyak diketahui detil prosesnya pada masa lalu.

Namun, hal yang pasti bahwa ilmu fermentasi makanan tetap ada hingga sekarang adalah karena efek positif yang dihasilkan oleh makanan – makanan fermentasi. Memang benar bahwa popularitas makanan fermentasi tidaklah terlalu tinggi.

Tetapi setidaknya hingga sekarang terus dilakukan penelitian berkaitan dengan berbagai makanan fermentasi. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa pengetahuan dasar yang berkaitan dengan fermentasi.

Terjadinya Fermentasi

en.wikipedia.org

Tentu saja semua orang tahu bahwa fermentasi berhubungan dengan mikro organisme. Umumnya organisme berukuran mikro yang berperan selama proses fermentasi adalah bakteri, kapang dan jamur.

Beberapa mikroorganisme tersebut melakukan perubahan pada produk atau bahan pangan yang difermentasi. Hasil fermentasi umumnya mengubah bentuk awal dan kenampakan bahan pangan menjadi sama sekali berbeda.

Macam Fermentasi

en.wikipedia.org

Setidaknya ada tiga macam fermentasi yang paling umum dikenal dan diketahui secara jelas oleh ilmu pengetahuan saat ini. Pertama, fermentasi asam laktat yaitu fermentasi yang terjadi pada pati dan gula pada bahan makanan.

Pati dan gula diubah menjadi asam laktat oleh kapang dan bakteri asam laktat. Jenis fermentasi yang kedua adalah fermentasi alkohol, terjadi saat karbohidrat yang ada dalam bahan pangan diubah menjadi alkohol oleh bakteri.

Jenis fermentasi yang terakhir adalah fermentasi asam asetat. Fermentasi asam asetat adalah proses lanjutan dari fermentasi alkohol. Alkohol yang ada dalam bahan makanan diubah menjadi asam asetat.

Keunggulan Kesehatan Produk Fermentasi

flickr.com

Proses fermentasi dapat meningkatkan banyak senyawa yang memiliki efek positif terhadap kesehatan manusia. Salah satu yang telah diketahui adalah bahwa fermentasi dapat meningkatkan kandungan vitamin dan mineral pada bahan makanan.

Beberapa diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, asam folat, riboflavin, niacin, thiamin dan biotin. Adanya komponen probiotik pada bahan hasil fermentasi juga membuat berbagai vitamin tersebut lebih mudah diserap oleh tubuh.

Fermentasi juga dapat menghasilkan enzim tertentu yang membuat proses pencernaan manusia lebih sempurna. Sebenarnya manusia sendiri lahir dengan banyak enzim dan semakin menurun kadarnya seiring dengan bertambahnya usia.

Itulah mengapa manusia membutuhkan asupan enzim dari luar. Selian itu yang perlu kamu tahu, makanan olahan tidak mengandung enzim, makanan segar mengandung sedikit enzim dan makanan fermentasi adalah sumber enzim yang melimpah.

Fermentasi dapat menetralisir berbagai senyawa nir-gizi, salah satunya adalah asam fitat (phytic acid). Jenis senyawa asam yang satu ini dapat menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral dalam tubuh.

Makanan fermentasi kaya akan probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat membantu merawat kesehatan mikro flora usus. Dengan sistem pencernaan yang sehat, nutrisi menjadi lebih optimal diserap oleh tubuh.

Makanan fermentasi juga dapat memperbaiki sistem imun pada tubuh manusia. Hal ini karena makanan hasil fermentasi dapat menghasilkan senyawa anti biotik, anti tumor, anti virus dan anti jamur.

Ragam Makanan Fermentasi

en.wikipedia.org

Beberapa contoh makanan fermentasi khas Indonesia adalah tempe, tempoyak, kecap, tapai atau tape, tauco dan terasi. Banyak penelitian yang terus berkembang tentang makanan fermentasi asli Indonesia, terutama tempe.

Sedangkan beberapa makanan fermentasi asal luar negeri adalah keju, yoghurt, kimchi, sauerkraut, kefir, cuka dan banyak lagi lainnya. Salah satu yang paling banyak manfaat kesehatannya adalah minuman kefir.

Jadi, masih ragu untuk mencicipi berbagai makanan fermentasi? Cobalah dan jadikan sebagai gaya hidup sehat kamu. Konsumsi makanan fermentasi untuk hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar