Makanan Kancil Ternyata Bukan Mentimun

Makanan Kancil – Pelanduk atau hewan Kancil adalah salah satu hewan yang sangat terkenal di lingkungan masyarakat Indonesia. Kancil dikenal sebagai hewan yang cerdik dan berbagai cerita tentang kecerdikannya tersebut sudah kita ketahui dan tertanam di dalam hati kita sejak kita kecil.

Tetapi siapa yang menyangka jika pengetahuan binatang Kancil di dunia Fabel tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan Kancil di dunia nyata. Mamalia kecil ini masuk kedalam kategori IUCN Redlist atau bisa dikatakan binatang dengan data yang sangat minim pengetahuan tentangnya.

Dalam bahasa latin, kancil disebut juga sebagai Tragulus javanicus,dan merupakan hewan pemamah biak terkecil dibandingkan dengan hewan pemamah biak lainnya. Hewan ini juga mempunyai lambung yang terdiri dari 3 ruangan. Jauh lebih sedikit daripada hewan pemamah lain yang mempunyai 4 ruang lambung.

Oleh karena hal tersebut, kancil yang dikelompokkan sebagai hewan pemamah primitive ini harus selektif dalam memilih makanan. Jika hewan pemamah lainnya terbiasa menyukai rerumputan, kancil harus memilih makanan yang lebih mudah untuk dicerna lagi. Makanan tersebut diantaranya adalah :

Kangkung

makanan kancil
arsegabelumtidur.blogspot.com

Kangkung merupakan tanaman jenis sayuran dan tanaman ini tumbuh di kawasan asia, tumbuh hampir di setiap tempat, terutama di tempat yang berair. Untuk kemampuan pencernaan lambung hewan kancil, kangkung salah satu makanan yang paling mudah dicerna. Itu dikarenakan tumbuhan ini berupa pucuk daun kecil dan juga habitatnya yang berada di air membuatnya sangat lunak untuk dimakan.

Kacang Panjang

makanan kancil kacang panjang
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Kacang panjang juga merupakan salah satu makanan yang diminati oleh hewan Kancil. Biasanya tumbuhan ini bisa kamu temukan di kebun, di sawah, atau juga di tepian hutan. Ia tumbuh dengan cara melilit atau memanjat sebuah tanaman lain.

Makanan ini disukai kancil karena mempunyai kandungan air yang cukup dan mudah dicerna khususnya untuk pencernaan hewan Kancil itu sendiri.

Wortel

makanan kancil wortel
Cari-manfaat.com

Selanjutnya, makanan yang digemari oleh Kancil adalah wortel. Tidak hanya hewan kelinci saja yang menyukai jenis makanan yang satu ini. Tetapi Kancil juga selalu mencarinya baik itu Wortel yang tertanam liar di hutan ataupun wortel yang biasa kita temukan di kebun petani di dekat hutan.

Bengkoang

manfaatbuahan.com

Satu lagi jenis makanan yang diminati oleh Kancil adalah Bengkoang. Bengkoan memang enak dan lezat, tak ayal Kancil pun juga ikut suka. Apalagi kandungan seratnya yang sedikit pada makanan Bengkoang membuat pencernaan kancil mudah untuk mencernanya. Itulah alas an kenapa kancil juga menyukai Bengkoang.

Ubi

ubi ungu sebagai makanan kancil
sinarharapan.net

Ubi juga salah satu umbi-umbian yang sangat disukai oleh hewan kancil. Mungkin kamu akan bertanya bagaimana caranya kancil bisa mendapatkan ubi? Sebenarnya ini adalah salah satu jenis makanan yang biasanya diberikan kepada hewan Kancil yang berada di Kebun Binatang.

Jika dilihat dari reaksinya, kita akan menemukan bahwa hewan kancil sangat menyukai jenis umbi yang satu ini karena merupakan salah satu jenis umbian yang mempunyai kadar air cukup tinggi.

Selada

pak-tani.com

Selada adalah jenis tumbuhan sayur yang biasa kita jumpai baik di daerah beriklim sedang dan tropis. Tanaman ini juga terkadang tumbuh liar di hutan-hutan. Daunnya yang cukup kecill tetapi enak itu juga ternyata sangat disukai oleh hewan Kancil. Hal itu dikarenakan makanan jenis sayuran ini sangat pas untuk dimakan dengan ukuran Kancil yang kecil serta sangat mudah dicerna oleh lambung Kancil yang masih primitif.

Itulah beberapa makanan hewan Kancil yang perlu kamu tahu sebagai salah satu bentuk pengetahuanmu terhadap hewan liar yang berada di lingkungan kita. Mungkin saja kamu suatu saat bisa memeliharanya sehingga tidak kesulitan lagi untuk mencari tahu apa saja makanan yang disukainya. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar