Jenis Makanan Kelinci Yang Baik dan Sehat

jenis makanan kelinci
pexels.com

Makanan Kelinci – Jenis makanan yang diberikan pada seekor kelinci, komposisi dan kualitas makanan, sangat mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan dan perkembangan kelinci ternakan ataupun kelinci hias seperti kelinci anggora. Jenis makanan kelinci yang sehat yaitu biji-bijian, umbi-umbian, hay, atau pelet sebagai makanan tambahan. Berikut adalah jenis makanan kelinci yang sehat bagi kelinci ternakan ataupun kelinci peliharaan.

Sayuran Hijau

makanan sehat kelinci
kelinciindonesia.com

makanan sayuran yang baik dan sehat untuk kelinci yaitu: Wortel, kol, kangkung, lobak, sawi, daun singkong, daun kembang sepatu, daun turi, daun lamtoro, daun ubi jalar, daun kacang panjang, daun kacang tanah, talas, batang jagung, daun pepaya, rerumputan dan yang lainnya. tetapi perlu diperhatikan makanan hijau tersebut tidak mengandung pestisida.

Rumput yang bisa diberikan untuk kelinci yaitu rumput dari jenis rumput lunak seperti rumput kalamenta, jampang, grinting dan cakar ayam.

Hay atau Rumput Awetan

makanan kelinci sehat
alwib.net

Makanan yang sehat untuk kelinci yaitu hay. Hay merupakan rumput yang diawetkan dan dipotong sebelum berbunga. Agar gizi dalam rumput tersebut tidak hilang, maka rumput dikeringkanĀ  dan untuk mempertinggi serat kasarnya.

Kelinci membutuhkan makanan yang memiliki serat tinggi. Diantaranya yaitu hay. Hay memiliki serat tinggi dan bisa membantu mengatasi masalah pencernaan pada kelinci dan mencegah terjadinya masalah hairball di usus. Hay juga dapat mengurangi kemungkinan masalah gigi tongo pada kelinci.

Umbi-umbian

umbi makanan kelinci
harianbernas.com

Umbian-umbian yang sehat yaitu singkong, wortel, uwi, ganyong, talas dan ubi jalar untuk makananan tambahan kelinci. Pastikan juga umbian-umbian tersebut tidak mengandung pestisida.

Biji-bijian

makanan bijian kelinci
alwib.net

Biji-bijian yang baik yaitu seperti biji bunga matahari, kedelai, padi, jagung, gandum, kacang tanah dan kacang hijau yang berfungsi sebagai makanan penguat untuk kelinci, khususnya untuk kelinci yang sedang hamil dan menyusui.
Sebelum diberikan, baiknya biji-bijian tersebut ditumbuk ataupun digiling terlebih dahulu. Satu ekor kelinci bisa diberi dengan takar sekitar 200-300 gram biji-bijian per hari.

Konsentrat atau Pelet

pelet makanan kelinci
alwib.net

Fungsi pelet bagi kelinci yaitu untuk meningkatkan nilai gizi dan juga dapat mempermudah bagi kita dalam penyediaan pakan kelinci. Pelet diberikan hanya sebagai makanan tambahan saja dan penguat setelah sayuran dan hay yaitu sebagai makanan utama. Perlu diperhatikan bahwa jika pemberian pelet terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan kelinci.

Bahan Makanan Kelinci Yang Sehat dan Seimbang

duniaq.com

Seekor kelinci membutuhkan asupan yang pas untuk menunjang pertumbuhan dan mencegah kemungkinan munculnya penyakit pada kelinci. Kelinci yang baik dan sehat diberikan bahan makanan seimbang dapat hidup rata-rata 5-12 tahun
Pola makan yang salah, dapat membuat kelinci menderita penyakit cardiovaskar. Jangan diberikan terus-menerus sayuran, karena pada dasarnya makanan utama kelinci yaitu rumput dan hay.

Jadwal Pemberian Pakan Kelinci

pulsk.com

Pemberian makanan kelinci harus teratur setiap harinya, terutama bagi kelinci ternak atau pedaging. Keteraturan dalam pemberian makan kelinci harus lebih diperhatikan daripada frekuensi pemberiannya.

Pakan kelinci dapat diberikan 2-3 kali sehari. Kelinci yang dikenal sebagai binatang malam, sehingga volume dalam pemberian makanan kelinci terbanyak dapat anda berikan pada sore atau malam hari.

Sekitar jam 8 pagi, kandang kelinci harus sudah bersih, pastikan juga tidak ada kotoran yang menempel di lantai-lantai kandang kelinci.

Jam 10 pagi, pemberian makan pertama yaitu berupa biji-bijian yang sudah dilembutkan, umbi-umbian dan pelet.

Jam 1 siang, pemberian makanan berupa rumput segar atau hijauan lainnya. Volumenya sekitar 0.5 kg per satu ekor untuk kelinci dewasa.

Jam 6 sore, pemberian makanan berupa rumput atau hijauan lainnya yang juga banyak mengandung serat kasar dengan volume 1 kg atau kurang lebih per satu ekor kelinci dewasa. Pemberian makanan pada malam hari harus lebih banyak sebab untuk memenuhi kebutuhan makan kelinci sepanjang malam.

jadi itulah beberapa makanan kelinci yang baik dan sehat bagi kelinci peliharaan anda. Agar kelinci tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Tinggalkan komentar