Binte Biluhuta, Makanan Khas Gorontalo yang Menggoda Selera

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Berbagai jenis dan variasi rempah-rempah yang meningkatkan cita rasa makanan dimiliki oleh negara kita ini.

Bahkan karena kekayaan akan rempah-rempahnya, Indonesia sampai harus menjadi korban penjajahan berbagai bangsa selama lebih dari 3 abad dalam sejarah.

Rempah-rempah yang dimiliki Indonesia tersebar sepanjang nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tak terkecuali Gorontalo, dengan perpaduan kekayaan rempah-rempah Gorontalo mampu menciptakan sebuah makanan khas nan menggoda selera.

www.masakandapurku.com
www.masakandapurku.com

Binte Biluhuta namanya. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, binte berarti jagung sedangkan biluhuta artinya disiram. Dengan begitu, makna dari nama binte biluhuta ini bisa diartikan sebagai jagung yang disiram.

Makanan khas Gorontalo yang satu ini biasa disebut juga dengan sebutan Milu Siram atau Sup Jagung. Dibuat dengan bahan dasar jagung, ikan, atau udang, Binte Biluhuta diracik bersama-sama kekayaan rempah Indonesia demi menghasilkan cita rasa yang luar biasa.

Biasanya, Binte Biluhuta ini akan disajikan ketika masih dalam keadaan hangat. Rasa manis, asin, serta pedas bercampur namun senada sehingga terasa sangat nikmat dan pastinya akan membuat penikmatnya merasa ketagihan.

Dikarenakan bahan dasarnya adalah jagung, makanan khas Gorontalo yang satu ini tentu mampu membunuh kolestrol jahat yang berada di dalam tubuh penikmatnya.

Hal itu disebabkan oleh kandungan karotenoid, bioflavonoid, serta vitamin C di dalam jagung yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Tinggalkan komentar