7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

MAKANAN KHAS INDONESIA – Nusantara banyak dikenal dengan keindahan tropis dan tempat wisata yang spektakuler. Namun ternyata makanan khas Indonesia pun sudah banyak dikenal di berbagai negara di dunia. Tentunya, kita harus bangga sebaga warga Indonesia akan prestasi tersebut.

Di berbagai negara, makanan-makanan khas Indonesia ini dianggap sangat lezat dan sangat jarang bisa ditemui di negara lain. Oleh karena itu, banyak para wisatawan dari luar negeri datang ke Indonesia hanya sekedar untuk mencicipi lezatnya berbagai makanan khas Indonesia.

Lalu apa sajakah makanan khas Indonesia itu? Berikut 7 makanan khas Indoneisa yang namanya sudah mendunia.

Rendang

Rendang, Makanan khas Indonesia
rendangdenlapeh.com

Makanan yang satu ini memang beda dari yang lain, karena mempunyai rasa yang sangat khas. Kebanyakan, Rendang memiliki rasa yang pedas dengan bumbunya yang begitu menggoda. Rendang berasal dari daerah Minangkabau, memiliki bahan dasar daging, biasanya daging sapi. Lalu daging sapi ini diolah sedemikian rupa dengan bumbu khasnya yang juga pedas. Karena aroma dan gurihnya membuat Rendang yang dikenal makanan khas Indonesia menempati peringkat 11 dari 50 makanan terenak di dunia.

Gudeg

Makanan khas indonesia, Gudeg
jogjabiz.com

Makanan khas Indonesia yang sudah mendunia selanjutnya yaitu Gudeg. Gudeg sendiri merupakan makanan khas Yogyakarta yang namanya sudah terkenal dan mendunia. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dicampur santan, Gudeg ini biasanya dihidangkan dengan nasi, gading, serta telur.

Yang membuat Gudeg menjadi mendunia salah satu penyebabnya adalah para wisatawan luar negeri yang datang ke Yogyakarta sangat menyukai makanan ini.

Gado-gado

Gado-gado, Makanan khas Indonesia yang mendunia.
indoturis.com

Gado-gado tebuat dari berbagai jenis sayuran seperti mentimun, kacang panjang, toge, kentang, dan masih banyak yang lainnya. Pembuatannya sangatlah sederhana yaitu dengan cara merebus terlebih dahulu berbagai jenis sayuran, lalu setelah ditiriskan barulah diberi sambal kacang, dan jangan lupa untuk mengaduknya. Makanan ini akan lebih lezat dan nikmat jika disajikan dengan nasi atau lontong serta ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk.

Banyak orang yang tak tau, bahwa Gado-gado sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang pernah menjuarai festival makanan Internasional.

Sate

Makanan khas Indonesia, Sate
saungjamur.com

Asap dan bau sate yang begitu menggoda membuat saipa saja yang menciumnya akan menjadi lapar. Biasanya sate terbuat dari dagi ayam, kambing, ataupun sapi, yang kemudian dipotong-potong kecil lalu ditusukkan kedalam sebuah batang sate yang terbuat dari bambu. Setelah ditusuk, lalu sate diatas bara arang kayu.

Makanan ini rasanya kurang afdol jika belum dikasih sambal kacang, sambal kacang yang renyah membuat sate semakin menjadi lezat tentunya. Diluar negeri sana, banyak orang Indonesia yang menjual sate khas Indonesia, dan sungguh luar biasa, ternyata makanan khas Indonesia yang satu ini sangat digemari oleh orang-orang diberbagai negara.

Soto

Masakan Khas Indonesia yang mendunia, Soto
masakanpraktis.com

Siapa sih yang tak mengenal makanan khas Indonesia yang satu ini, yap namanya soto. Makanan yang berbahan dasar kaldu daging dan sayuran ini memang memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih. Mulai Sabang sampai Merauke banyak jenis soto yang tersedia untuk dicicipi, sebut saja seperti soto Betawi, soto Bandung, soto Kediri, soto Madura, dan masih banyak soto yang lainnya.

Makanan yang bernama soto ini sudah dikenal diberbagai penjuru dunia, bahkan sempat makanan ini diliput oleh salah satu program televisi di Madrid Spanyol yang bernama Program Buenos da Madrid.

Nasi Goreng

Masakan khas Indonesia yang mendunia, Nasi Goreng
theresilientchef.wordpress.com

Inilah makanan khas Indonesia yang sangat terkenal merata diseluruh Indonesia, yap Nasi Goreng. Rasanya hampir seluruh orang di Indonesia pernah memakan makanan ini walaupun cuman sekali seumur hidupnya. Saking merakyatnya makanan ini, kamu bisa menemukannya dimanapun kamu berada mulai dari harga yang murah dipinggir jalan atau dengan harga yang mahal di hotel bintang lima.
Ternyata, Nasi Goreng pun selain terkenal di negara sendiri di mancanegara pun sudah terkenal. Mungkin karena memakai bumbu-bumbu khas Indonesia, menjadikan Nasi Goreng ini banyak digemari para warga asing diberbagai penjuru di dunia.

Bakso

Makanan khas Indonesia yang mendunia, Baso
inbali.org

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Bakso. Hampir seluruh usia mulai dari yang muda sampai yang tua menyukai makanan yang satu ini. Mulai dari anak SD, SMA, Mahasiswa ataupun para orang dewasa pasti tak kan menolak jika diajak makan baso. Apalagi jika dimakan saat musim dingin, pastinya semakin menambah kelezatan dalam memakannya.

Diluar negeri, orang asing sering menyebutnya dengan MeetBall karena bakso itu sendiri terbuat dari campuran daging sapi yang digiling serta tapung tapioka yang dibentuk menjadi bulat. Kebanyakan, para pedagang Bakso berasal dari Jawa, namun tak menutup kemungkinan, dimanapun berada sekarang mudah sekali ditemukkan makanan khas Indonesia yang lezat ini yaitu Bakso.

Makanan Paling Disuka

Summary

Dari sekian banyak ini, paling suka rendang. Apalagi rendangnya digadoin, makan daging rendang tanpa nasi tuh rasanya nikmat sekali 😀

Sending
User Review
5 (1 vote)

Tinggalkan komentar