Makanan yang Wajib Kamu Cicipi Saat Kamu Berada di Klaten

Jika kamu sedang berliburan ke Candi Prambanan, Klaten, nggak ada salahnya untuk mampir menikmati kuliner di kota ini. Racikan bumbu warisan nenek moyang masyarakat Klaten sungguh sangat lezat.

Mulai dari kudapannya, menu utamanya, hingga oleh-olehnya yang bisa kamu bawa pulang ke tempat tinggalmu. Jadi, siapkan dirimu untuk menjelajahi berbagai sudut Kota Klaten demi memburu tempat yang menyediakan makanan yang enak.

Berikut ada lima makanan yang patut kamu nikmati saat berada di Klaten.

Kenikmatan Tiada Tara Kudapan Kepelan Asli Pedan

http://medianews82.blogspot.com

Pernahkah kamu mendengar atau bahkan merasakan kudapan kepalan? Mungkin jarang yang tahu ya. Karena kepalan ini mungkin hanya ada di Klaten dan sekitarnya. Kudapan ini berasal dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Melihat dari namanya, bisa dikira-kira bagaimana cara membuatnya, yaitu dengan dikepal-kepal. Oleh karena itu, bentuk kudapan kepalan ini bulat-bulat. Untuk bahannya menggunakan tepung terigu yang diberi bumbu bawang putih, bawang merah, garam, dan merica.

Sudah kebayangkan bagaimana rasanya? Melihat bumbu-bumbu yang digunakan, rasa kudapan kepalan ini gurih. Kepalan ini paling enak jika dikombinasikan dengan saus dan dinikmati pada saat masih hangat.

Untuk bisa menikmati kudapan ini, kamu bisa datang ke alun-alun Klaten. Disana banyak pedagang menawarkan kudapan yang satu ini.

Nikmatnya Ayam Panggang Klaten

Ayam Panggang Klaten

Untuk bisa menemukan tempat makan yang menyediakan ayam panggang itu gampang sekali. Disetiap daerah, kamu bisa menemukan tempat makan yang menyediakan menu ayam panggang.

Namun, untuk menemukan tempat makan yang menyediakan ayam panggang enak itu sangat susah. Lebih susahnya lagi jika menemukan tempat makan yang menyediakan ayam panggang spesial rasanya.

Nah, di Klaten ada tempat makan yang menyediakan ayam panggang spesial, yaitu di Jalan Rajawali No. 113 dan di Toko Florida di Jalan Pemuda No. 61.

Sebenarnya, tidak hanya ayam panggangnya yang spesial, namun racikan bumbunya yang menjadikan ayam panggang di tempat tersebut menjadi spesial. Bumbunya berbeda dengan ayam panggang pada umumnya. Mumbu areh namanya.

Bumbu ini terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah dan santan. Cara masaknya juga dengan diungkep. Jika kamu sudah mulai penasaran, segera saja datang langsung ke tempatnya.

Sedapnya Sop Ayam Pecok Asli Klaten

roda2blog.com

Sop ayam pecok namanya. Sop ayam ini berbeda dengan sop ayam pada umumnya. Jika sop ayam menggunakan jahe, untuk sop ayam ini tidak menggunakan jahe sebagai bumbunya. Racikan bumbunya asli dari Klaten.

Sehingga bisa dikatakan sop ayam pecok ini makanan khas Klaten. Nah, tempat makan yang menyediakan dan sangat populer dengan menu sop ayam pecok ini adalah RM Pak Min. Sangking populernya, RM Pak Min ini memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

Nasi Tumpang Lethok

beingnubie.wordpress.com

Satu lagi makanan khas dari Klaten, yaitu nasi tumpang lethok. Nasi ini memiliki cita rasa yang top markotop. Racikan bumbu tradisional khas Klaten membuat rasanya susah banget untuk hilang di lidah.

Apalagi dengan berbagai tambahan sayur, seperti kurapan gudangan, bayam, daun pepaya, daun jeruk, nangka muda, koyor, dan krecek membuat nafsu makan langsung meningkat. Bagi kamu yang ingin mencicipi nasi tumpang lethok ini, kamu bisa datang di Jalan Mayor Kusmanto.

Di sepanjang jalan tersebut hingga perlimaan Bramen, kamu akan menemukan pedagang yang menjual makanan khas Klaten ini di pagi hari. Salah satu yang menyediakan nasi tumpang lethok ini adalah Warung Mbak Riyanti.

Tinggalkan komentar